BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 03/Toroh Dim 0717/Purwodadi Bantu Petani Memanen Padi
Koramil 03/Toroh Dim 0717/Purwodadi Bantu Petani Memanen Padi

Koramil 03/Toroh Dim 0717/Purwodadi Bantu Petani Memanen Padi


Memasuki musim panen padi kali ini, jajaran Kodim 0717/Purwodadi diminta turut membantu petani untuk memanen. Upaya khusus (Upsus) tersebut dilakukan jajaran anggota Koramil 03/Toroh untuk membantu petani di Desa Genengsari, Kecamatan Toroh, kemarin (8/2).

Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning melalui Danrami 03/Toroh Kapten Inf Slamet mengatakan, adanya pelibatan unsur TNI tersebut sebagai pengawalan dan pendampingan untuk menyukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

“Selain membantu panen, para babinsa dikerahkan juga untuk mengawal penyerapan gabah agar dijual dengan harga yang baik dan sesuai standar. Sebab, pada masa panen ini adanya penurunan harga gabah kering panen (GKP) karena kwalitas gabah yang kurang baik akibat cuaca ekstrim,” keluhnya.
Maka, jajaran TNI tersebut berharap dapat memaksimalkan penyerapan gabah dan areal tanam. Diantaranya cara yang dilakukan dengan turun langsung ke lapangan untuk membantu petani yang akan panen dan menjual gabah.

Slamet juga turut melakukan komunikasi dengan Bulog 104, Depok untuk melakukan langkah penyelamatan terhadap petani. “Sebab, dengan sebagian hasil panen petani yang kurang baik. Membuat petani merugi karena gabahnya banyak yang rusak. Sehingga tidak memenuhi kwalitas dari kriteria bulog. Hal ini perlu dipertimbangkan dan diberinya solusi,” paparnya.

Selain panen, babinsa juga ikut membantu pemantauan serangan hama bagi sawah yang belum waktunya panen. “Sebab serangan wereng kali ini sudah meluas dan mengganas. Penyerangan hama ini sangat cepat, dalam waktu tiga hari saja sudah dapat mematikan padi. Hal itu, perlu ditindaklanjuti serius,” pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer