BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 05/Secang Bantu Petani Normalisasi Irigasi
Koramil 05/Secang Bantu Petani Normalisasi Irigasi

Koramil 05/Secang Bantu Petani Normalisasi Irigasi

Koramil 05/Secang Kodim 0705/Magelang dibawah pimpinan Kapten Arm Untung Supriyanto mengajak kelompok tani untuk bersama-sama memperbaiki saluran irigasi agar air bisa mengalir dengan lancar dan tidak banyak yang terbuang di jalan. Kegiatan tersebut merupakan upaya agar areal persawahan tetap bisa teraliri. Pendampingan kepada para petani selalu  dilaksanakan oleh  para  Babinsa  di  seluruh  jajaran  Kodim  0705/Magelang. Hal  itu  dalam rangka dukungan TNI untuk meningkatkan hasil produksi pangan dalam mencapai swasembada pangan nasional.

Dalam musim kemarau sekarang ini Babinsa Koramil 05/Secang bersama PPL dan petani selalu berkoordinasi dan bekerja sama mengendalikan  pembagian air irigasi  agar merata dan adil. Pembagian air dimusim kemarau sangat  rawan, kalau  tidak  diawasi  dan  dikoordinir  dengan  baik  hampir dipastikan  sering terjadi keributan antar petani dalam mencari air.

“Para petani sering terjadi selisih paham karena saling berebut air,” ujar  Danramil. Untuk itu  Danramil  05/Secang menekankan kepada para  babinsanya untuk ikut  terjun  langsung membantu petugas pengairan dalam membantu pembagian air dan ikut mengawasi langsung di lapangan.  Kali  ini  Koramil  05/Secang  bekerja  sama  dengan  kelompok tani  Tani  Makmur  Dusun  Tanduran  Desa Madyocondro  Kecamatan  Secang,  yang  irigasinya  banyak  dikeluhkan  para  petani  yang  sudah  mengalami pendangkalan karena banyaknya sampah dan lumpur serta banyak lubang-lubang rumah kepiting sehingga jika dialiri air banyak hambatan dan banyak yang meresap di tengah jalan.

Untuk menormalkan aliran irigasi maka Koramil  Secang  beserta  warga  melaksanakan  kerja  bhakti   mengangkat  sampah  dan  lumpur  serta menutup lubang-lubang rumah kepiting dengan semen. “Jangan sungkan-sungkan  minta  bantuan  kepada  Koramil,  karena  Koramil  05/Secang  siap  membantu mencarikan solusi untuk memecahkan kesulitan para petani dalam bidang apapun”, tegas Kapten Untung.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer