BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 07/Ngemplak dan Polsek Turut Mensukseskan Prosesi Kirab Ki Ageng Wonolelo
Koramil 07/Ngemplak dan Polsek Turut Mensukseskan Prosesi Kirab Ki Ageng Wonolelo

Koramil 07/Ngemplak dan Polsek Turut Mensukseskan Prosesi Kirab Ki Ageng Wonolelo

(Ngemplak) -Bagi masyarakat Dusun Pondok Widodomartani dan sekitarnya Upacara Adat Saparan yang berupa Kirab Pusaka Ki Ageng Winolelo dan Pembagian Apem merupakan tradisi yang wajib dijalankan dan dilestarikan. Karena berdasarkan sejarah, orang tua dulu mengatakan bahwa Ki Ageng Wonolelo merupakan cikal bakal pendiri Dusun Pondok makanya sering terdengar istilah Pondok Wonolelo.

Untuk tahun ini acara Puncak berlangsung pada hari Jumat tanggal 11 November 2016 bertempat di Masjid Nurul Huda dan di Komplek Pemakaman Ki Ageng Wonolelo Dsn. Pondok Widodomartani. Koramil 07/Ngemplak Kodim 0732/Sleman dan Polsek sebagai instansi pemerintah turut bertanggung jawab atas kelancaran dan keamanan dalam pelaksanaannya. Makanya pada saat Upacara Kirab Pusaka dan Sebar Apem baik Koramil maupun Polsek mengerahkan seluruh personelnya. Upacara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Ibu Hj. Sri Muslimatun, M.Kes, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Sleman, Muspika Kec. Ngemplak dan warga masyarakat ± 10 ribu orang. Acaranya sendiri berjalan cukup meriah dan semarak.

Berdasarkan evaluasi dari pelaksanaan tahun 2015, bahwa pada saat acara puncak Kirab Pusaka dan Sebar Apem banyak terjadi tindak kejahatan dan masyarakat yang pingsan karena rebutan apem. Hal ini terjadi karena antusiasme warga yang datang yang berasal dari daerah Sleman, Boyolali dan Klaten. Mereka memiliki kepercayaan dan sugesti bahwa apem yang disebar bisa mendatangkan rizki yang barokah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, agar kejadian kemarin tidak terulang maka unsur Muspika sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sesuai hasil dari Rakor bahwa untuk pelibatan personel baik untuk keamanan maupun kelancaran kirab terdiri dari berbagai instansi meliputi Koramil, Polsek, Trantib Kecamatan, Puskesmas dan Relawan dari WSC Ds. Widodomartani, dengan harapan agar pelaksanaan Kirab Pusaka Ki Ageng Wonolelo dan Sebar Apem dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer