BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 10/Gandrungmangu Latih Linmas Jelang Pilkada
Koramil 10/Gandrungmangu Latih Linmas Jelang Pilkada

Koramil 10/Gandrungmangu Latih Linmas Jelang Pilkada

Cilacap – Anggota Koramil 10/Gandrungmangu, Kodim 0703/Cilacap, Sertu Rispilihanto Babinsa Desa Kertajaya Dengan inisiatif mengadakan pelatihan dan pembekalan Anggota Linmas Desa Kertajaya Kecamatan Gandrungmangu sebagai bentuk kepedulian Babinsa di Desa binaanya, Latihan diadakan di pendopo balai Desa Kertajaya, Senin (06/02).

Menurut Babinsa Kertajaya Sertu Rispilihanto, Fungsi Linmas sebagai bagian dalam penanggulangan bencana, pengamanan pemilu, antisipasi terorisme, keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat, dan Fungsi Linmas dalam kegiatan sosial masyarakat lainnya,” ujarnya.

Disebutkan tentang kewajiban masyarakat dalam penanggulangan bencana dan anggota linmas di lapangan rata-rata telah menerima pelatihan ataupun pendidikan tentang penanggulangan bencana alam, sehingga dapat dioptimalkan manakala terjadi sebuah bencana di suatu tempat. Imbuh Sertu Rispilihanto.

Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) adalah kegiatan akbar secara nasional termasuk mendapat sorotan dunia nasional, dan disini fungsi anggota linmas sangat vital berkaitan erat dengan pengamanan tempat pemungutan suara. Termasuk secara legalitas dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam penanganan Ketentraman, Ketertiban Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Lebih lanjut, Dalam arahannya di Pendopo Balai Desa Kertajaya, Babinsa mengingatkan bahwa, disiplin adalah kunci keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas, mulai dari berpakaian (seragam), sikap dan tindakan.

Ia mengimbau, agar anggota Linmas selalu mengikuti arahan dari PPK, PPS maupun petugas Polri yang berada di TPS nantinya, sehingga apabila terdapat masalah atau kendala di lapangan dapat segera dilaporkan.

“Laksanakan tugas dengan baik dan jangan mempengaruhi pemilih untuk memilih calon tertentu,” harap Babinsa saat melakukan pelatihan terhadap anggota Linmas Desa Kertajaya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer