BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 11/Pangakah Bersama Warga dan Banser Kerja Bhakti Perbaiki Jalan Longsor
Koramil 11/Pangakah Bersama Warga dan Banser Kerja Bhakti Perbaiki Jalan Longsor

Koramil 11/Pangakah Bersama Warga dan Banser Kerja Bhakti Perbaiki Jalan Longsor

Pasca bencana longsor yang terjadi Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah, Jum’at (6/2), anggota Koramil 11/Pangkah melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran, guna menormalkan jalan dan selokan akibat banjir , Selasa (10/2). Kegiatan bersih-bersih tersebut dilakukan bersama-sama anggota Koramil 11/Pangkah, anggota Banser Koorcab Kabupaten Tegal dan masyarakat.

Mereka menggelar kerja bakti dengan warga guna membersihkan longsoran yang menyebabkan satu-satunya jalan desa Dernasuci  dari arah timur menghubungkan antar desa dan kecamatan tersebut terputus. Menurut Danramil Pangkah Kapten Inf Fatur Rohman, begitu mendengar kabar longsor, pihaknya segera berkoordinasi dengan segenap instan terkait untuk membantu penanganannya.

“Dalam kegiatan karya bakti perbaikan jalan yang ambles di bagi menjadi tiga titik, karena rusaknya lumayan parah agar jalan bisa dilewati kendaraan, baik roda empat atau motor dan jalan yang mengalami kerusakan adalah jalan satu satunya untuk kendaraan maupun pejalan keluar atau masuk desa Dermasuci dari arah timur desa,”Jelas Danramil.

“Sebelumnya hujan deras yang  turun pada, Jum’at  (6/2) mengakibatkan banjir serta longsor  dan menyebabkan 11 warga rumah rusak, akibat hujan susulan pada hari Minggu mengakibatkan 18 rumah warga rusak dan sekarang bertamabah menajdi 58 rumah warga yang rusak, sedangkan rumah yang rusak parah ada empat unit dan sudah dirobohkan karena kondisinya sangat parah dan membahayakan bagi penghuninya,”Kata Kepala Desa Mulayanto.

“Untuk warga yang rumahnya dirobohkan, sementara di tampung di tetangga atau keluarganya, ada juga yang tidak mau  ditampung . Warga yang tidak mau ditampung lebih suka memilih tinggal ditempat  tenda sementara,”Jelas Mulyanto.

Ditambahkan Mulyanto,”Untuk kejadian ini, saya sudah membuat laporan ke Bupati Tegal tembusan ke BPBD Kabupaten Tegal dan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Tegal, sedangkan  untuk penanganan perbaikan jalan dengan karja bakti, baru dari Koramil 11/Pangkah dan masyarakat, kebetulan hari ini ada bantuan personil Banser lumayan banyak kurang lebih 70 personil.

“Saya berharap kepada Pemda Kabupaten Tegal untuk segera memberikan bantuan untuk menanggulangi kejadian ini, bila datang lagi hujan yang cukup lama, saya khawatir terjadi tanah longsor lagi dan jalan-jalan yang ada di Desa Dermasuci tambah rusak parah, termasuk rumah warga yang rusak menjadi bertambah karena kontruksi tanahNya labil dan mudah bergeser,”Pungkas Mulyanto.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer