BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 11/Pangkah Panen Raya Padi di Desa Bogares Lor
Koramil 11/Pangkah Panen Raya Padi di Desa Bogares Lor

Koramil 11/Pangkah Panen Raya Padi di Desa Bogares Lor

Tegal, Jumat (24/4/2015) Babinsan Koramil 11/Pangkah Serda Jumali bersama anggota BP3K Kecamatan Pangkah dan PPL Kecamatan Pangkah Muji Prasetyo melaksanakan kegiatan panen raya di Gapoktan Sembolong di Desa Bogares lor Kecamatan Pangkah KabupatenTegal.

Dalam musim panen tahun 2015 ini hasil yang di peroleh kurang maksimal karena saat masa tanam kebetulan curah hujan tiap hari sehingga untuk perkembangan tanaman padi kurang baik dan timbul hama sehingga mempengaruhi isi padi kurang padat masalah curah hujan bahkan sampai bulan sekarang hujan masih terjadi tiap hari sedang bulan April biasanya cuaca sudah terang namun kenyataan masih sering turun hujan tiap hari harapan dari ketua gapoktan Sembolong Agus tanam ke depan setelah panen ini cuaca sudah mulai bagus sehingga hasilnya jadi lebih baik

Usaha program pemerintah dalam peningkatan swasembada pangan selama 3 tahun ke depan agar Negara Indonesia tidak lagi mengimpor pangan dari luar Negeri khususnya komoditi pajale ( padi, jagung dan kedelai ).

Maka program swasembada dan kedaulatan pangan agar bisa tercapai program tersebut melalui intruksi Bapak Presiden RI memerintahkan Menteri pertanian untuk menggandeng atau bekerja sama dengan  Menteri pertahanan RI untuk membantu mensukseskan program swasembada pangan.

Selanjutnya di tindak lanjuti oleh instansi TNI – AD sampai ketingkat Satuan paling bawah yaitu Babinsa. Maka mulai bulan     januari 2015 setelah Panglima TNI dan Menteri pertanian menanda tangani MoU dalam swasembada pangan selanjutnya khususnya Babinsa mulai eksis melaksanakan pendampingan kepada petani atau gapoktan di wilayah masing masing.

Hasil panen padi saat ini luas 4 ha hanya menghasilkan rata rata 5,2 ton per ha sehingga belum penuhi target karena banyak hama tanamannya upaya untuk obat dan pupuk sudah maksimal tapi ya itu kebetulan pas musim tanam juga musim hujan sampai musim panen selalu di guyur hujan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer