BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 12/Jatinegara Giat Sosialisasi Ketahanan Pangan
Koramil 12/Jatinegara Giat Sosialisasi Ketahanan Pangan

Koramil 12/Jatinegara Giat Sosialisasi Ketahanan Pangan

Babinsa Koramil 12/Jatinegara Serda Sariyin menghadiri kegiatan sosialisasi ketahanan pangan tentang cara bercocok tanan/budidaya yang baik menggunakan sisitim penanaman intensif SRI ( Syistem Rice Intensif) bertempat di rumah Ketua Gapoktan Tani Subur Hidup Desa Kedungwungu Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal’

Kegiatan tersebut di hadiri Babinsa Koramil 12/Jatinegara Serda Sariyin, Ketua Tanbunhut Kecamatan Jatinegara Nurohman, Ketua BP3K Kecamatan Jatinegara Nasirun, PPL Kecamatan Jatinegara Yudihartono, Ketua Gapoktan Tani Subur Hidup Desa Kedungwungu Tarno dan para petani Desa Kedungwungu

SRI merupakan suatu teknologi budidaya padi yang menitik beratkan penghematan sumber daya, terutama air. Metode ini bisa digabungkan dengan cara bercocok tanam secara organik. Metode ini merupakan suatu inovasi dalam teknik budidaya padi. Di beberapa tempat, SRI dilaporkan telah berhasil meningkatkan produktivitas padi hingga dua kali lipat.

SRI dengan budidaya padi organik? Beberapa praktek di berbagai negara menemukan bahwa metode SRI berhasil menekan serendah mungkin input produksi. Hal ini sejalan dengan upaya para aktivis pertanian organik untuk mengolah tanah secara berkelanjutan. Hasilnya, ditemukan hubungan konservasi air pada sistem budidaya padi SRI dengan upaya konservasi tanah yang dianut pada budidaya padi organik. Saat ini, banyak para petani organik yang menerapkan budidaya padi dengan metode SRI.

Metode budidaya padi organik dalam praktek pertanian organik. Metode ini akan meningkatkan fungsi tanah sebagai media tumbuh dan sumber nutrisi tanaman. Dengan sistem SRI organik daur ekologis akan berlangsung dengan baik karena memanfaatkan mikroorganisme tanah secara natural. Pada gilirannya keseimbangan ekosistem dan kelestarian lingkungan akan sellalu terjaga. Di sisi lain, produk yang dihasilkan dari metode ini lebih sehat bagi konsumen karena terbebas dari paparan zat kimia berbahaya. Melalui sistem ini kesuburan tanah dikembalikan sehingga daur-daur ekologis dapat kembali berlangsung dengan baik dengan memanfaatkan mikroorganisme tanah sebagai penyedia produk metabolit untuk nutrisi tanaman.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer