BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 13/Majenang Bersama Poktan Bergotong Royong Berantas Hama Tikus
Koramil 13/Majenang Bersama Poktan Bergotong Royong Berantas Hama Tikus

Koramil 13/Majenang Bersama Poktan Bergotong Royong Berantas Hama Tikus

Cilacap – Memasuki musim tanam padi, jajaran TNI dari Koramil 13/Majenang, Kodim 0703/Cilacap, bersama UPT Pertanian Kecamatan Majenang dan Kelompok Tani (Poktan) Tangguh 1 Dusun
Pakuaji, Desa Cilopadang, Kecamatan Majenang bergotong-royong memberantas hama tikus dilahan persawahan Desa setempat, Minggu (21/10).
Kegiatan dilakukan untuk mencegah serangan hama tikus pada saat usia tanaman padi mulai dewasa, juga sebagai tindaklanjut dalam rangka meningkatkan swasembada pangan nasional yang menjadi program pemerintah Indonesia.
“Selain itu, juga untuk percepatan¬† Luas Tambah Tanam guna menjadikan Majenang sebagai lumbung pangan di Cilacap. Untuk itu, sebelum tanam padi ini dimulai hama tikus harus dibasmi”¬† ungkap Bati Komsos Koramil 13/Majenang, Serma Miskun disela-sela memimpin kegiatan gropyok tikus.
Menurutnya, kegiatan ini merupakan program kerja terpadu antara Koramil Majenang, Kelurahan, UPT dan Poktan dalam rangka swasembada pangan. Jika swasembada pangan meningkat, maka ketahanan pangan akan terwujud, sehingga tingkat kesejahteraan petani juga turut meningkat.
Secara teknis, sebelum dilakukan kegiatan gropyok tikus, para petani diberikan penyuluhan oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), bagaimana cara untuk meningkatkan ketahanan pangan di Majenang.
Yakni melalui percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) dan upaya mengatasi hama tikus yang selama ini mengganggu produksi pertanian, juga kegetian seperti ini akan terus berlanjut seminggu sekali di desa-desa yang ada di wilayah Koramil 13/ Majenang.”imbuhnya.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer