BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 14/Gumelar Karya Bhakti Pelebaran Jalan
Koramil 14/Gumelar Karya Bhakti Pelebaran Jalan

Koramil 14/Gumelar Karya Bhakti Pelebaran Jalan

Sejarah perjuangan bangsa Indonesia merupakan bukti kuat bagaimana keampuhan persatuan dan kesatuan dalam nilai kegotong-royongan dengan satu tujuan kemerdekaan. Di era kemerdekaan arus global membuat nilai kegotong-royongan luntur seiring banyaknya pertikaian antar kampong yang terjadi di sejumlah tempat. Disinilah ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa, untuk itu TNI ingin menggugah kesadaran masyarakat kembali memulihkan sikap kegotong-royongan. Melalui program Karya Bhakti dalam rangka HUT TNI ke-70, sejumlah personel Koramil 14/Gumelar Kodim 0701/Banyumas dibantu perangkat desa dan masyarakat, melakukan kegiatan pelebaran jalan setapak.

Selain pelebaran jalan, kerja bakti ini juga diisi dengan bersih-bersih lingkungan yang seluruhnya dilakukan secara swadaya. “Tujuannya memberikan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan akses jalan guna mendukung kemudahan sarana transportasi dan aktivitas perekonomian warga,” kata Kapten Infanteri Daryoto, Danramil 14/Gumelar.

Lebih lanjut Danramil mengungkapkan, karya bakti ini sebagai wujud kepedulian dari TNI kepada masyarakat. “Dengan karya bakti, TNI ingin lebih dekat dengan masyarakat, bekerjasama, dan peduli mewujudkan masyarakat sejahtera. Sasaran kami adalah pelebaran jalan tembus sepanjang 750 meter dan lebar 4 m penghubung Desa Gumelar dan Tlaga. Dengan jalan tembus ini masyarakat sangat terbantu semisal saat ada silaturrahim ke sanak saudara, antar desa tidak terlalu jauh,” tambahnya.

Sementara itu, Kadus Desa Gumelar  Bp Ratiman mengatakan keterlibatan masyarakat dalam karya bakti ini diharapkan mampu menjadi sumbangsih dalam membangun stabilitas sosial masyarakat. Bantuan secara fisik, hanya sebagai sambung rasa yang semestinya dilakukan.  “Meski tidak seluruh desa, upaya mendekatkan aparat dan masyarakat harus selalu dilakukan agar masyarakat semakin tenteram”, terangnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer