BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 14/Purwodadi Membantu Perbaikan Irigasi
Koramil 14/Purwodadi Membantu Perbaikan Irigasi

Koramil 14/Purwodadi Membantu Perbaikan Irigasi

Irigasi memegang peranan penting dalam pertanian. Apabila saluran irigasi terawat dan terjaga kebersihannya, maka aliran air irigasi juga akan lancar. Namun kadang-kadang para petani menghadapi permasalahan tentang saluran irigasi ini, yaitu kerusakan saluran irigasi yang disebabkan oleh kepiting. Kepiting membuat rumah/sarang di pematang sawah atau pematang saluran irigasi. Hal ini menyebabkan kebocoran air irigasi melalui lubang-lubang yang dibuat kepiting, sehingga petani mengalami kesulitan mengairi sawah. Karena air tidak dapat tertampung di sawah yang diairi.

Oleh karena permasalahan ini, pihak desa menanggapi permasalahan yang dihadapi oleh kelompok tani Sidomakmur 1 desa Plandi. Sehingga pihak desa mengalokasikan dana RJIT yang didapat oleh kelompok tani untuk memperbaiki saluran irigasi tersier. Dinding irigasi diperkeras dengan membuat dinding dari cor, hal ini dilakukan supaya kepiting tidak dapat membuat sarang/lubang di pinggir saluran irigasi. Sehingga apabila petani mengairi sawah, airnya tidak bocor lagi.

Bpk Imam, ketua Poktan Sidomamur 1, mengatakan,” Dengan membuat saluran irigasi dari semen cor, hal ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi kami (petani) yang menghadapi permasalahan dengan kepiting.”
Setelah permasalahan dengan kepiting yang melubangi saluran irigasi sementara bisa diatasi, permasalahan yang lain dengan kepiting belum bisa diatasi. Yaitu kepiting yang membuat lubang di pematang sawah, karena tidak mungkin pematang sawah dibuat dari semen cor juga.
Akhirnya Poktan Sidomakmur 1 berkonsultasi dengan PPL bagian hama, untuk mencari solusi cara mengatasi gangguan hama kepiting.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer