BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 15/Lebaksiu Melanjutkan Pembuatan Lubang Biopori
Koramil 15/Lebaksiu Melanjutkan Pembuatan Lubang Biopori

Koramil 15/Lebaksiu Melanjutkan Pembuatan Lubang Biopori

Di lapangan Desa Kajen Kec. Lebaksiu Kab. Tegal, anggota Koramil 15/Lebaksiu melanjutkan pembuatan Lubang Resapan Biopori. Kegiatan dilaksanakan dengan semangat mengingat banyak sekali manfaat yang didapatkan dari pembuatan lubang Resapan

Biopori tersebut , diantaranya :Memaksimalkan resapan air, Dapat menambah Volume air tanah, Menjadi media untuk menghasilkan Kompos, Mengurangi genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk/sumber penyakit, Mencegah resiko Banjir disaat musim hujan, Memaksimalkan air hujan/air limbah rumah tangga menjadi air tanah, Mencegah erosi tanah dan tanah longsor, Meningkatkan peran dan aktifitas fauna tanah, dan Meningkatkan pertumbuhan tanaman di sekitar Lubang Resapan Biopori.

Diharapkan setelah anda mengetahui Manfaat Biopori, ada baiknya anda segera membuat Lubang Resapan Biopori di rumah, sekolah, kantor atau dimanapun saat ini anda berada.

Cara yang paling mudah dan dapat dilakukan untuk membuat Lubang Resapan Biopori yaitu dengan membuat lubang dengan diameter 10 Cm dengan kedalaman 80-100 Cm di sekitar rumah, kantor, sekolah dan lain sebagainya, di sekeliling pohon/tanaman, serta pada tanah kosong antara tanaman. Selanjutnya lubang tersebut ditimbun dengan sampah organik/dedaunan untuk menghasilkan Kompos. Kompos yang dihasilkan nantinya akan menghidupi fauna tanah dan dari aktifitas fauna tanah tersebut akan menghasilkan pori-pori di dalam lubang tersebut. Dari pori-pori inilah nantinya air hujan maupun air limbah rumah tangga akan terserap masuk ke dalam tanah.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer