BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 17/Gamping Ikut Amankan Kirab Merti Dusun Biru Desa Trihanggo
Koramil 17/Gamping Ikut Amankan Kirab Merti Dusun Biru Desa Trihanggo

Koramil 17/Gamping Ikut Amankan Kirab Merti Dusun Biru Desa Trihanggo

Dalam rangka ikut mensukseskan prosesi kirab budaya Merti dusun Biru desa Trihanggo kecamatan Gamping, Babinsa Trihanggo Sertu Sugiyono  bersama warga dan perangkat desa Trihanggo bersama sama turun kelapangan guna mengawal dan mengamankan kegiatan kirab budaya Merti dusun, sehingga kegiatan kirab budaya tersebut berjalan lancar dan aman, Minggu (01/10/2017).
Desa Trihanggo merupakan salah satu desa budaya yang berada di kecamatan Gamping, yang sdh di kukuhkan oleh kraton Yogyakarta. Dan sebagai desa budaya tentunya harus selalu mempertahankan adat istiadat jawa, termasuk di dalamnya Merti dusun yang di  gelar warga dusun Biru Trihanggo sebagai upaya melestarikan kebudayaan warisan leluhur, kegiatan Merti dusun tersebut merupakan wujud syukur warga dusun Biru terhadap Alloh SWT Tuhan yang Maha Esa yang telah melimpahkan Rahmat dan hidayahNYA, serta atas rejeki yang melimpah terutama masalah hasil.pertanian.
Dalam Merti dusun kali ini dilaksanakan juga kirab Bergodo, kirab hasil pertanian, kirab andong dan kesenian lainya yang merupakan budaya kearifan lokal yang harus di lestarikan dan kegiatan kirab ini disambut  sangat antusias oleh semua warga masyarakat desa Trihanggo.
Pada kesempatan ini Kepala dinas kebudayaan kab Sleman yang membuka acara ini menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga yang telah bahu membahu menyelenggarakan kegiatan merti dusun ini. Beliau berharap dengan kegiatan ini mampu meningkatkan kecintaan terhadap budaya dan tradisi jawa yang sudah mulai terkikis oleh waktu, maka dari itu kita sebagai generasi muda kita  wajib melestarikan dan mempertahankan tradisi ini yang merupakan budaya dan untuk menjadikan sebagai destinasi wisata di desa Trihanggo ini.. jelasnya.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer