BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 19/Bumijawa Atasi Longsor di Muncanglarang Jejeg
Koramil 19/Bumijawa Atasi Longsor di Muncanglarang Jejeg

Koramil 19/Bumijawa Atasi Longsor di Muncanglarang Jejeg

Bumijawa.   Akibat curah hujan yang cukup tinggi Rabu (11/2) telah terjadi bencana alam tanah longsor di dukuh Nagog desa Muncanglarang Kecamatan Bumijawa. Yang mengakibatkan tertimbunya akses jalan desa Muncanglarang menuju desa Jejeg dengan ketinggian 2 m dan panjang kurang lebih 20 m  longsoran ini berupa rumpun bambu dan pohon Aren dan Pohon Durian hasil pengamatan di lokasi kemungkinan terjadinya longsor adalah karena kondisi tanah di lokasi berbentuk tebing yang diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan lama maka terjadilah longsor. Akibat dari kejadian ini maka akses jalan tertutup, jalan ini juga menghubungkan kecamatan Bumijawa menuju Linggapura kecamatan tonjong kab. Brebes  korban jiwa nihil, satu tiang listrik terimbun longsoran sehingga aliran listrik di desa muncang larang sebagian padam.

Untuk mengatasi tertutupnya akses jalan ini maka Komandan Koramil 19/Bumijawa Kapten Arm Eko Budiharjo berkoordinasi dengan Muspika, DPU Kab Tegal dan BPBD Kabupaten Tegal, untuk segera mengambil langkah agar akses jalan ini dapat di buka sementara,sehingga warga masyarakat dan anak-anak yang akan berangkat ke sekolah dapat menggunakan jalan tersebut. Pada tanggal 12 Pebruari 2015 pukul 06.30 Koramil 19/Bumijawa, Polsek Bumijawa bersama masyarakat desa Muncanglarang dan Jejeg, SIBAT ( Siaga Bencana Berbasis Masyarakat,) PMI, BPBD melaksanakan kegaiatan kerja Bhakti untuk membuka jalan tersebut.

Untuk membuka akses jalan ini maka di butuhkan kendaraan alat berat karena timbunan tanah ini juga bercampur dengan bebatuan yang cukup besar, yang tidak dapat diatasi dengan tenaga manusia, Dinas Pekerjaan Umum Kab Tegal juga sudah melakukan pengamatan agar kendaraan berat dapat beoperasi secara maksimal. Kepala Desa muncangalarang Alex Subekti S.Sos MM berharap Pemerintah daerah segera memberikan dukungan dana untuk pembangunan Talud di lokasi karena jika tidak di buat talud maka akan terjadi longsor susulan yang dapat mengancam 3 unit rumah di atasnya. Dalam kesempatan itu juga camat Bumijawa  sudah menindaklanjuti untuk membuat laporan kepada Bupati agar jalan tersebut dapat segera di lalui.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer