BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 19/Bumijawa Bersama Masyarakat Buka Jalan Yang Tertutup Longsor
Koramil 19/Bumijawa Bersama Masyarakat Buka Jalan Yang Tertutup Longsor

Koramil 19/Bumijawa Bersama Masyarakat Buka Jalan Yang Tertutup Longsor

Hujan yang turun dalam sepekan terakhir  di wilayah Tegal menyebabkan tanah longsor di Dukuh Riwan Desa Traju Kecamatan Bumijawa, dan mengakibatkan jalan Desa Traju tertutup sepanjang kurang lebih 25 meter dan tinggi 1,5 m sehingga jalur tersebut tidak dapat di lewati oleh warga yang akan bekerja maupun anak-anak yang akan berangkat sekolah ke Bumijawa.

Kejadian ini mengakibatkan bangunan pembuat batako dan pengelasan tertimpa longsoran dan rusak berat. Koramil 19/Bumijawa bersama warga dibantu relawan SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) melaksanakan kerja bhakti untuk membuka akses jalan tersebut.

Memang jika ditinjau dari kondisi geografis, wilayah Bumijawa secara umum merupakan wilayah rawan bencana alam tanah longsor, gunung berapi dan angin puting beliung, karena wilayah Bumijawa merupakan daerah yang berstruktur tanah ketinggian, berbukit dan pegunungan.

Anggota Koramil 19/Bumijawa bahu-membahu bersama warga melaksanakan penggalian tanah yang menimbun jalan Desa Traju tersebut. Kepala Desa Traju Bpk. Ali Muaji menyampaikan bahwa  lokasi longsor ini berupa tebing yang digunakan warga untuk digali tanah trasnya sebagai bahan bangunan, yang merupakan hak milik Pak Warto.

Kejadian ini juga merupakan akibat dari perilaku manusia yang tidak memperhatikan kondisi alam dan tanah di sekitarnya. Dari kejadian tersebut Danramil Bumijawa Kapten Arm Eko Budiharjo koordinasi dengan kepala desa menghimbau agar lokasi tersebut tidak dijadikan sebagai lokasi galian dengan memasang papan peringatan. Warga yang akan melintasi jalan tersebut juga dihimbau agar berhati-hati terhadap kemungkinan longsor susulan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer