BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 20 Salaman Kodim 0705/Magelang Singkirkan Tanah yang Menimpa Rumah
Koramil 20 Salaman Kodim 0705/Magelang Singkirkan Tanah yang Menimpa Rumah

Koramil 20 Salaman Kodim 0705/Magelang Singkirkan Tanah yang Menimpa Rumah

Magelang, Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Salaman pada Minggu (8/2) mengakibatkan terjadinya beberapa titik tanah longsor. Terparah di Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, tiga buah dapur rumah penduduk hancur terkena tebing yang longsor, Minggu sekitar pukul 16.30.

Pereng atau pinggir bukit yang longsor itu dengan ketinggian sekitar 30 meter, lebarnya sekitar 20 meter. Selanjutnya longsorannya menimpa dapur rumah milik Sugeng Hartono (65), Mukhsin (70), dan Sutrisno (60), ketiganya warga RT 4, RW  3, Dusun Telogosari, Desa Margoyoso. Tanah yang longsor itu sebelumnya merupakan bukit yang dikepras dan diratakan, lalu dibangun rumah dengan jarak dua meter dari punggung bukit.

Warga setempat Budi Asri Fahrudin menuturkan, tanah longsor pada Minggu sore lalu itu terjadi empat kali. Ketika itu sedang terjadi hujan lebat. ”Longsornya pertama sedikit, kemudian longsor dalam jumlah besar,” kata penduduk yang berdomisili di salah satu rumah yang terkena longsor itu.

Disebutkan, pada saat kejadian penghuni ketiga rumah tidak berada di tempat. Sehingga tidak ada korban luka dalam kejadian tersebut. Kerusakan paling parah adalah rumah milik Sutrisno.

Ratusan relawan bersama anggota Koramil 20 Salaman dan Kodim 0705 Magelang, serta Polsek Salaman melakukan kerja bakti menyingkirkan tanah yang menimpa tiga rumah, Senin dan Selasa (9- 10/2). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Sujadi beserta jajarannya melakukan peninjauan ke lokasi pada Senin pagi (9/2).

Semula ada rencana para relawan hendak mengepras bibir tebing yang longsor, tetapi tidak jadi dilakukan. Dikhawatirkan upaya itu malah akan memicu longsor susulan. ”Jangan dikeruk dulu, menunggu hasil kajian dari Badan ESDM kabupaten,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Joko Sudibyo.

Tanah longsor juga terjadi di Dusun Gorangan Kidul, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman, Minggu (8/2). Akibatnya, longsoran tanah menutup jalan desa. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Sementara itu angin kencang terjadi di Dusun Selorejo, Desa Ngargoretno, Salaman, pada hari yang sama. Tiupan angin menumbangkan sebuah pohon cengkih dan menimpa kamar mandi milik Purwito (45). Selain itu robohnya pohon sengon menimpa kandang kambing milik Mulyadi, dan serumpun bambu petung yang roboh  sempat menutup jalan.

Relawan setempat, Soim, menurutkan, semua efek bencana alam itu sudah berhasil diatasi oleh warga Dusun Selorejo. ”Semua kejadiannya di Dusun Selorejo dan tidak ada korban jiwa. Hanya terjadi kerusakan ringan,” kata Soim.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer