BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil 20/Salaman Melaksanakan Tanam Padi Serentak di Desa Tanjung Anom
Koramil 20/Salaman Melaksanakan Tanam Padi  Serentak di Desa Tanjung Anom

Koramil 20/Salaman Melaksanakan Tanam Padi Serentak di Desa Tanjung Anom

Menyingkapi Instruksi dari Menteri Pertanian, untuk melaksanakan percepatan tanam pada periode Oktober – Maret yang diaplikasikan dilapangan dengan menanam padi serentak pada hari Senin tanggal 7 Desember 2015 untuk itu anggota Koramil Salaman BPPK Kecamatan Salaman, mahasiswa pendamping, dan anggota kelompok tani Dadi makmur Desa Menoreh dan kelompok tani Margo Mulyo Desa Tanjung Anom melaksanakan penanaman padi.

Untuk di wilayah Menoreh lahan milik Arifin  dan Sarimin dengan luas semua 0,6 hektar varietas padi Mikongga penanaman dilaksanakan  didusun Mlangen Desa Menoreh,  sedangkan di Desa Tanjung Anom di dusun Rejosari I dengan kelompok tani Margo Mulyo, lahan  milik Ngadio dengan luas 0,25 hektar ditanam dengan system tanam  Jajar legowo sitem 2:1. Tujuan penanaman ini adalah untuk mencapai target tanam pada masa tanam periode Oktober Maret.

Sudiman, A.Md selaku wakil Koordinator BPPK Kecamatan Salaman menjelaskan bahwa dengan menggunakan sistem jajar legowo dengan sistem 2:1 dilihat dari segi pertumbuhannya akan sangat baik dan bibitnya akan berkembang jadi banyak. Dari segi pengendalian hama  akan sangat mudah dikendalikan, dan saat panen pun hasilnya akan meningkat dibanding dengan sistem tanam biasa, dari semua yang kami jelaskan diatas maka kami berharap kepada para petani menerapkan hal ini dan jangan ragu ataupun malu apabila ada kendala dilapangan untuk berkoordinasi dan minta bimbingan kapada kami dan rekan-rekan kami dari para PPL masing-masing desa, dan semoga kami bisa memberi solusi untuk mengatasinya permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Kita ketahui bersama bahwa pemerintah juga memfasilitasi kebutuhan para petani dengan memberikan bantuan alat mesin pertanian, pupuk dan obat-obatan insektisida untuk pengendali hama, sehingga apa yang diharapkan pemerintah yakni mensukseskan program swasembada pangan bisa terwujud dan terlaksana dengan sukses.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer