BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil Buayan Bersama Masyarakat Banyumudal Bangun Talud
Koramil Buayan Bersama Masyarakat Banyumudal Bangun Talud

Koramil Buayan Bersama Masyarakat Banyumudal Bangun Talud

Babinsa Koramil 20/Buayan Serda Teguh Prayitno melaksanakan karya bakti pembuatan talud penahan jalan yang juga merupakan saluran irigasi sepanjang 250 meter di DukuhKarangmalang RT 02 RW 02 Desa Banyumudal Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen, Minggu (17/09).

Sebelum pelaksanaan karya bakti dimulai, Babinsa Desa Banyumudal Serda Teguh Prayitno mengatakan karya bakti merupakan sarana untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat. Secara hirarki diawali dengan musyawarah di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten, selanjutnya ditetapkan sasaran karya bakti, yang dalam ini merupakan sarana untuk membantu pemerintah dalam memperdayakan masyarakat mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta meningkatkan akselerasi pembangunan daerah.

Lebih lanjut Babinsa menjelaskan bahwa Desa Banyumudal Kecamatan Buayan berpenduduk 4.220 jiwa dengan mayoritas pekerjaan penduduk desa setempat adalah petani dan buruh tani dan tidak berpenghasilan tetap. Dalam upaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat desa Banyumudal Kecamatan Buayan dalam meningkatkan surplus hasil padi perlu sarana jalan transpotasi untuk sarana pengangkutan hasil panen dan irigasi memadai. Untuk itu dibangunlah talud penahan jalan agar aman dan tidak longsor di musim hujan. Kegiatan ini dilakukan bersama masyarakat secara gotong-royong.

Permasalahan lain yang dihadapi adalah irigasi yang kondisinya rusak berat dan tidak lancar untuk digunakan kebutuhan air sawah, sehingga semua permasalahan tersebut menghambat laju pertumbuhan ekonomi Desa Banyumudal. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil panen lebih baik.

Babinsa berharap dengan dibangunnya talud penahan jalan dan irigasi, manfaatnya bisa langsung dirasakan warga Desa Banyumudal sebagai kelancaran transportasi dan perekonomian warga yang berpengaruh pada meningkatnya taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer