BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil Mungkid Antisipasi Kekeringan dan Meluasnya Hama Wereng
Koramil Mungkid Antisipasi Kekeringan dan Meluasnya Hama Wereng

Koramil Mungkid Antisipasi Kekeringan dan Meluasnya Hama Wereng

Dalam rangka menekan populasi wereng coklat yang menyerang tanaman padi di wilayah Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, baru-baru ini anggota Koramil-13/Mungkid yang dipimpin langsung Kapten Arm Suryo Wibowo bersama anggota PPL, KKN Undip dan masyarakat melaksanakan penyemprotan massal di Dusun Ndanggan Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.

Kades Ngrajek Iwan Kusmana, menerangkan bahwa lahan sawah yang terkena hama wereng hampir 8 Ha. Masyarakat mengapresiasi kegiatan penyemprotan ini karena dengan penyemprotan serentak akan mencegah penyebaran wereng ke daerah lain, sehingga petani bias panen. Untuk pestisida yang di gunakan jenis sidatan.

“Saya harap hal seperti ini bias diteruskan agar wereng tidak menyebarluas ke wilayah lain” ujar Iwan.

Kegiatan pendampingan terhadap upaya khusus peningkatan produksi pangan yang melibatkan anggota Koramil 13 Mungkid, Petugas PPL, KKN Undip dan masyarakat itu dilaksanakan di seluruh wilayah Koramil Mungkid. Apalagi musim sekarang adalah musim kemarau, Babinsa, PPL dan petani selalu memantau dan mengawasi tanaman padi agar tidak sampai kekeringan.

Selain mecegah meluasnya hama wereng kita juga sedang mengupayakan antisipasi kekeringan yang melanda wilayah Mungkid, salah satu usahanya adalah memanfaatkan sumber air yang ada dan menyiapkan pompa – pompa air.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer