BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil Mungkid Normalkan Irigasi yang Tersendat
Koramil Mungkid Normalkan Irigasi yang Tersendat

Koramil Mungkid Normalkan Irigasi yang Tersendat

Koramil 13/Mungkid menggelar karya bakti membuat saluran irigasi tersier bersama warga Dusun Treko IV, Desa Treko Kecamatan Mungkid, Selasa (26/5).

Kegiatan karya bakti dengan sasaran pembuatan irigasi dengan panjang  100 meter dengan lebar 120 cmtersebut, berlangsung dengan semangat dan penuh harapan. Pembuatan saluran irigasi itu merupakan upaya untuk memperlancar aliran irigasi yang selama ini tersendat. Dimana selama ini saluran terputus.

Atas koordinasi dengan pemilik sawah, maka irigasi yang terputus bisa dibuat dan dilebarkan, sehingga mampu untuk mengaliri sawah sekitarnya. Sawah yang ada disekitarnya dan bergantung pada aliran irigasi tersebut mencapai 5 hingga 10 Ha.

Kepala Dusun Treko IV, Jurahman, menuturkan bahwa saluran irigasi yang selama ini tersendat kini bisa lancar kembali. Sehingga sawah-sawah yang ada di aliran irigasi tersebut bisa terairi dengan baik.

“Debit air irigasi ini sekarang lebih tinggi, dan bisa mencukupi pengairan sawah sekitar,” ujar Jurahman.

Dilain pihak, Komandan Koramil 13 Mungkid Kapten Arm Suryo Wibowo mengatakan, bahwa tugas Koramil saat ini juga membantu para petani untuk meningkatkan produksi panen. Sehingga pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa itu dilaksanakan pada setiap lini. Mulai dari persiapan masa tanam, pembibitaan hingga pendampingan di musim panen.

Karena irigasi merupakan salah satu hal yang sangat menentukan dalam pertanian, maka Koramil juga selalu memonitor keberadaan saluran irigasi yang ada. Kalau masih ditemukan ada saluran yang tidak berfungsi secara normal, maka pihak Koramil akan mendorong petani untuk bersama–sama melaksanakan normalisasi irigasi tersebut.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer