BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil Muntilan Gladi Lapang Bencana Merapi
Koramil Muntilan Gladi Lapang Bencana Merapi

Koramil Muntilan Gladi Lapang Bencana Merapi

MUNTILAN– Desa Gunungpring dan Desa Sukorini Kecamatan Muntilan merupakan desa bersaudara dan menjadi penyangga Desa tetangga yaitu Desa Mranggen Kec Srumbung. Dilihat dari letak Geografisnya Desa Mranggen adalah merupakan jalur Evakuasi bila terjadi bencana alam, baik itu Erupsi gunung Merapi banjir atau lahar dingin.

Dalam menghadapi hal tersebut diatas Desa Mranggen sudah mengantisipasi dengan dibentuknya Desa Tangguh Bencana dan menjadikan desa bersaudara dengan desa Gunung pring dan desa sukorini oleh BPBD Kabupaten Magelang, sehingga masyarakat Desa Mranggen akan mengerti tentang tahapan tahapan bila terjadi suatu bencana dan melaksanakan evaluasi kedesa saudara yaitu Desa Gunungpring dan Dasa Sukorini.

Dengan dibentuknya Desa Tangguh Bencana dan Desa bersaudara ini Babinsa Gunungpring Serda Puji Riyanto dan desa Sukorini Koptu Riyanto. selalu aktif mengikuti kegiatan baik teori sampai dengan praktek lapangan, begitu juga anggota Koramil 14/Muntilan yang lain juga mendukung dan memberikan semangat kepada warga desanya agar sungguh-sungguh dalam mengikuti Gladi lapang, sehingga nantinya betul-betul memahami tentang latihan penanggulangan bencana ini.

Kegiatan simulasi Gladi lapang penanggulangan bencana Erupsi ini dalam skenario ditonjolkan dalam penerimaan warga korban Erupsi tentang penyiapan, Dapur umum, tenda pengungsi, penyiapan kesehatan, penanganan keamanan, evakuasi korban dan penyiapan tempat untuk evakuasi ternak.

Kegiatan Gladi lapang yang dilakukan oleh Desa Gunungpring dan desa sukorini ini sudah dapat berjalan dengan baik masing masing peserta sudah mengerti akan tugas dan tanggung jawabnya, hal ini disampaikan oleh Kasi kedaruratan BPBD Kabupaten Magelang Didik Wahyunugroho ST.

Disampaikan juga oleh Danramil 14/Muntilan Kapten Inf Panggih, dengan adanya kordinasi dan kerja sama yang baik antara Desa Mranggen, Desa Gunung Pring,Desa Sukorini,Muspika dan Instansi diwilayah Kecamatan Muntilan, sehingga kegiatan Gladi lapang dapat terlaksana dan Desa Tangguh bersaudara dapat terbentuk, dengan harapan kegiatan yang telah dilakukan betul – betul dapat dipedomani sebagai bekal dalam melakukan penanganan bencana, namun demikian kita semua tidak menginginkan ada bencana alam.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer