BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil Undaan dan Petani Bersihkan Eceng Gondok
Koramil Undaan dan Petani Bersihkan Eceng Gondok

Koramil Undaan dan Petani Bersihkan Eceng Gondok

Koramil 03/Undaan bersama warga tani yang terdiri dari berbagai kelompok tani melakukan aksi bersih-bersih eceng gondok, Minggu (15/1). Aksi bersih-bersih enceng godok tersebut dengan terjun langsung memunguti encang gondok yang berada di saluran sungai sepanjang dukuh Krajan Desa Karang Rowo hingga ke perbatasan Dukuh Jongso desa Wotan Kab Pati.

Aksi bersih-bersih enceng gondok tersebut melibatkan puluhan personel Koramil Undaan membantu petani dari kelompok tani di antaranya Poktan Jungkemi, Poktan Krajan 1, Poktan Krajan 2, Poktan Joyo Mulyo, Poktan Kudus Manis dan Poktan Loistijab yang berjumlah tidak kurang dari 50 orang.

Menurut Komandan Koramil 03/Undaan Kapten Inf Sri Widodo dalam aksi bersih-bersih enceng gondok tersebut Koramil Undaan menerjunkan anggotanya untuk bergabung dengan petani dari beberapa Kelompok tani wilayah tersebut. “Aksi bersih-bersih enceng gondok ini untuk menekan populasi tanaman tersebut karena sudah dalam kondisi yang memprihatinkan,” kata Danramil.

Dikatakan Danramil Undaan sepanjang aliran sungai tersebut sebagian permukaan airnya sudah tertutupi eceng gondok. Apalagi dimusim hujan seperti sekarang ini. Kondisi yang demikian tersebut bisa menghambat aliran air sehingga mengakibatkan banjir.”tumbuhnya Enceng gondok menghambat kelancaran saluran irigasi. Karena pertumbuhan tanaman tersebut yang sangat cepat maka perlu diberantas dengan cepat,” kata Danramil menambahkan.

Sementara itu Ketua Gapoktan Rukun tani Bp Hawi Sukamto mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pihak Koramil yang bersama warga kelompok tani membersihkan enceng gondok ini. “Alhamdulillah semuanya bekerjasama secara sukarela. Semoga aksi seperti ini akan ada lagi atau bisa dijadwalkan secara rutin seminggu sekali atau lebih hingga eceng gondok ini bisa teratasi,” ujarnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer