BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Koramil16/Godean dan Dinas Pertania Panen Raya Besama Kelompok Tani
Koramil16/Godean dan Dinas Pertania Panen Raya Besama Kelompok Tani

Koramil16/Godean dan Dinas Pertania Panen Raya Besama Kelompok Tani

Godean 24 November 2016 Pendampingan progam upsus di bidang pertanian yang berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga tercapai stock pangan Nasional yang mencukupi ,itulah salah satu upaya sebagai satuan teritorial dengan berkordinasi dengan Dinas Pertanian maupun unsur terkait untuk mendorong dan mengarahkan petani memaksimalkan bertani dengan pola pengolahan tanah,pola tanam dan pemupukan yang seimbang serta cara penanganan hama yang tepat sehingga mendapatkan hasil panen yang maksimal pula.

Dibulan Nopember Musim panen wilayah Sidoluhur seluruhnya bisa serentak ,dengan ditandai panen raya di Poktan Ngudi Makmur II Padukuhan Krajan Desa Sidoluhur Kecamatan Godean ,adapun yang hadiri dalam giat tersebut diantaranya Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman bpk Imawan ,Kepala UPT ibu Nurhayati S.P. MPA,Danramil 16/Godean,Ekobang Kec Godean dan Kades Sidoluhur serta warga petani.

Dalam sambutanya ,untuk panen yang sekarang di poktan Ngudi makmur II Alhamdulillah dengan hasil lebih baik dengan rata-rata produksi gabah basah 9 ton /ha ,tentang bantuan alat maupun sarana prasarana masih terkendala krn tekstur tanahnya di wilayah godean masih belum memungkinkan,dalam kesempatan yang sama memperkenalkan mengenai terobos cara tanam dengan sistem Salibu (sekali tanam) bisa panen beberapa kali dengan cara memotong jerami 15 cm dari tanah dan di pupuk setelah 10 hari ,ini masih terobosan dan perlu pengujian dari dinas pertanian ucap Bpk Imawan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala UPT Kecamatan Godean menyampaikan bahwa pada umumnya wilayah Godean bisa panen raya di bulan Nopember dengan luas lahan sawah pada bulan oktober 3240 hektar di garap oleh 7 Gapoktan dan 78 Poktani dalam satu tahun mayoritas bisa panen 3 kali,wilayah godean pada tahun 2016 mendapatkan bantuan antara lain 3 unit hand tracktor,1 unit combin,3 unit treser serta 6 unit pembangunan jaringan irigasi ucap Nurhayati,S.P. MPA.

Kapasitas Koramil 16/Godean dan Babinsa di bidang pertanian sebagai pendamping ,pendorong dan motivator dan pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi di desa binaan masing-masing tentunya saya berharap bisa bersinergi dan kerjasama dengan UPT,PPL dan Pemdes serta petani sehingga hambatan dan permasalahan yang dialami petani bisa teratasi dengan cepat dan tepat dengan tujuan mensukseskan Swasembada Pangan Nasional yang Mandiri ucap Kapten Arm Karmadi.

Dalam kegiatan tersebut dilanjutkan panen raya secara simbolis oleh perwakilan dari dinas pertanian,Upt,Danramil dan Ekobang Kecamatan Godean serta di ikuti Babinsa dan petani,dikesempatan yang sama ketua poktan Ngudi Makmur II mengucapkan banyaj trimakasih kepada pak babinsa yang sudah banyak membantu dan mendampingi petani selama ini ,semoga kedepanya tetap berlanjut untuk penyemangat dan motivasi petani ucap Bp Subandiyo.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer