BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Korem 072 Gelar Latihan Penanggulangan Bencana
Korem 072 Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

Korem 072 Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

Anggota TNI di jajaran Korem 072/Pamungkas bersama pemerintah daerah siap siaga menghadapi ancaman bencana alam termasuk tsunami yang bisa terjadi kapan saja. Bentuk  kesiapan tersebut bisa dilihat dalam gelar pasukan latihan penanggulangan bencana tsunami Korem 072/Pamungkas yang dibuka Kasiter, Kolonel Inf Satyo Aryanto di Makodim 0729/Bantul, Kamis (19/11). Pembukaan latihan yang bertema “Korem 072/PMK Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemda Dalam Rangka Menanggulangi Bencana Alam Di Dearah “ ini ditandai dengan penyematan pita  dan juga pengecekan berbagai perlengkapan  untuk antisipasi bencana baik untuk kebutuhan logistik maupun obat-obatan dan sarana evakuasi. Kegiatan diikuti oleh 300 prajurit di jajaran Korem 072/Pamungkas, anggota Pori, unsur relawan,  dan dihadiri Kasi Ops Kolonel (Inf) Surya Wibawa Suparman, Dandim 0729/Bantul, Letkol (kak) Tumadi. S.Sos, Kapolres AKBP Dadiyo SIK, unsur Forkominda, BPBD dan relawan.

Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasiter mengatakan  tujuan dilaksanakanya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan SDM prajurit dalam rangka menghadapi  semakin kompleknya tantangan tugas ke depan yang dihadapi TNI berkenaan dengan semakin bervariasinya permasalahan yang muncul di masyarakat, terutama yang berkaitan dengan ancaman terhadap kelangsungan hidup masyarakat, khususnya bencana alam.

“Wahana latihan salah satunya adalah bencana alam tsunami yang menjadi prioritas untuk menjawab tantangan tersebut . Salah satunya adalah melalui latihan yang melibatkan aparat TNI, Polri, Pemda, BPBD, LSM relawan dan masyarakat,” kata Danrem.

Dengan terjalinnya koordinasi yang baik lintas sektoral ini, maka diharapkan akan mampu merespon permasalahan bencana alam  yang bisa mengancam wilayah DIY termasuk Bantul, kendati semua pihak tidak pernah mengharapkan bencana itu terjadi. Sebagai bagian dari satuan Korem 072/PMK beserta jajarannya dituntut untuk memilki kesiapan operasional yang optimal. Oleh karena itu program latihan yang konsepsional, dan terarah merupakan suatu kebutuhan pokok bagi satuan jajaran Korem 072/PMK dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit secara profesional sesuai bidang masing-masing. “Diharapkan latihan penanggulangan bencana alam Korem 072/PMK ini merupakan salah satu solusi yang mampu untuk menjawab berbagai tantangan tugas ke depan,” katanya. Sementara itu Dandim 0729/Bantul, Letkol Kav Tumadi S.Sos secara terpisah mengatakan kegiatan akan ditutup tanggal 27 November dengan simulasi penanganan bencana tsunami di Pantai selatan Bantul.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer