BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Korem 074/Warastratama Tanam Ribuan Bibit Buah di Wonogiri
Korem 074/Warastratama Tanam Ribuan Bibit Buah di Wonogiri

Korem 074/Warastratama Tanam Ribuan Bibit Buah di Wonogiri

Ribuan bibit alpukat bakal menghijaukan puluhan hektare lahan tidur milik BBWSBS di Dusun Gudang, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri. Selain digadang dapat menahan laju erosi, hasil dari penghijauan itu diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat.

“Ini merupakan satu bentuk kepedulian kita untuk menjaga kelestarian alam. Agar ekosistem alam ini tetap terjaga dan tetap hijau. Kegiatan Bhakti TNI dalam rangka serbuan teritorial Korem 074/Warastratama ini juga dalam rangka memperingatai HUT ke 74 TNI dan HUT ke 69 Kodam IV/Diponegoro,” ungkap Kasrem Letkol Inf Yudi Purwanto S.M mewakili Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Granada Baay, Sabtu (28/9/2019).

Dalam kegiatan penghijauan itu Korem 074/ Warastratama melakukan penanaman 1.000 bibit alpukat. Untuk penyiapan lahan memakan waktu sekitar tiga bulan. Lahan yang bakal dilakukan penghijauan sekitar 10 hektare. Nantinya, lahan tersebut bakal ditanami buah-buahan serta tanaman tumpang sari lainnya.

“Lahan yang kita pakai ini miliknya BBWSBS. Karena kita lihat kondisinya kering, tapi punya potensi bagus untuk dibudidayakan,” ujarnya.

Sedang untuk perawatan tanaman tersebut pihaknya telah menggandeng elemen masyarakat atau kelompok tani (poktan) dari Dusun Gudang Desa Pokoh Kidul.

“Mereka nanti bertugas merawat tanaman itu. Hasil panennya ya mereka sendiri (poktan) akan menikmati. Nah, dengan begitu saya yakin ekonomi masyarakat setempat akan terdongkrak,” terangnya.

Lebih lanjut di katakan Kasrem, Korem 074/Warastratama menyadari sepenuhnya bahwa dinamika pelaksanaan dari hasil-hasil pembangunan selama ini, disamping telah membawa dampak positif berupa kemajuan-kemajuan, juga telah menimbulkan berbagai akses negatif, antara lain berupa pencemaran lingkungan, berkurangnya kawasan hijau, kerusakan habitat, serta eksploitasi sumber daya hayati.

“Oleh karena itu upaya untuk menanggulangi berbagai ancaman terhadap pelestarian kawasan hijau perlu dilakukan secara berkesinambungan serta bersifat menyeluruh. Penghijauan bukan saja semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan juga menjadi tanggung jawab seluruh anggota masyarakat,” pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer