BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / KRPL Kodim 0710/Pekalongan
KRPL Kodim 0710/Pekalongan

KRPL Kodim 0710/Pekalongan

Ketahanan pangan (food security) telah menjadi isu global selama dua dekade ini termasuk di Indonesia. Berdasar Undang-undang No 7 tahun 1996 tentang Pangan disebutkan bahwa “ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau”. Berdasar definisi tersebut, terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga merupakan tujuan sekaligus sebagai sasaran dari ketahanan pangan di Indonesia. Oleh karenanya pemantapan ketahanan pangan dapat dilakukan melalui pemantapan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

Tersedianya pangan yang cukup secara nasional maupun wilayah merupakan syarat keharusan dari terwujudnya ketahanan pangan nasional, namun itu saja tidak cukup, syarat kecukupan yang harus dipenuhi adalah terpenuhinya kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga/individu. Berdasar pemikiran tersebut, adalah penting untuk mewujudkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga. Tanpa berpretensi mengabaikan pentingnya ketahanan pangan di tingkat nasional maupun wilayah.

Satu upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga dapat dilakukan melalui pemanfaatkan sumberdaya yang tersedia maupun yang dapat disediakan di lingkungannya. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan yang dikelola oleh rumah tangga.

Dalam hal ini Kodim 0710/Pekalongan melakukan peremajaan KRPL yang ada di Makodim, karena tanaman yang sudah ditanam mulai habis masa panennya, pohon yang ditanam ulang yaitu pohon cabai, terong, sawi, tomat, jahe merah dan berbagai macam sayur-sayuran. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan kosong dan memacu masyarakat agar memanfaatkan lahan yang ada di rumah masing-masing. Sehingga kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dari hasil tanaman yang ada di lahan sendiri dan mengurangi pengeluaran belanja. Selasa (24/3).

Kasdim Mayor Inf Sasono Haryadi mengajak masyarakat agar membuat KRPL dirumah masing-masing untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Dengan adanya KRPL dirumah masing-masing kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang banyak untuk belanja di pasar”, ujarnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer