BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kumdam IV/Diponegoro Selenggarakan Webinar Sistem Pertahanan Negara
Kumdam IV/Diponegoro Selenggarakan Webinar Sistem Pertahanan Negara

Kumdam IV/Diponegoro Selenggarakan Webinar Sistem Pertahanan Negara

Semarang – Kakumdam IV/Diponegoro Kolonel Chk Eko Putro Hadi Prasetyo, S.H., M.H., berikan penyuluhan bela negara kepada anggota Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) beserta Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) wilayah Jateng yang digelar di Aula Gedung Juang 45 Kota Semarang. Kamis (11/11/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan secara offline maupun online tersebut bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang sistem pertahanan negara.

Dijelaskan Kakumdam bahwa Indonesia memiliki sistem pertahanan negara yang bersifat semesta dengan melibatkan semua elemen bangsa. Sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 yang menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara dan pasal 30 ayat 1 yakni tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

“Dengan mempersiapkan sumber daya nasional secara menyeluruh dan terpadu sejak dini, kita dapat melindungi segenap bangsa serta menjaga keutuhan NKRI”

Pada kesempatan yang sama Brigjen TNI (Purn) Sumartoni, S.H., M.H. selaku Ketua PPAD Jateng menyebutkan saat ini melakukan pembinaan mental maupun pemberian pemahaman Pancasila kepada generasi muda menjadi hal yang penting khususnya kepada Hipakad, sebab dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta kepada tanah air guna menghadapi ancaman yang bersifat kompleks dan multi dimensi pada era global.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut, para peserta tetap memiliki semangat juang bela negara dan berperan aktif memberikan kontribusi dalam membangun karakter masyarakat cinta tanah air sehingga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa tetap terjaga.

Selain ketua PPAD Jateng, terlihat beberapa pejabat juga memberikan materi dalam kegiatan tersebut, seperti Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H., M.M, Kepala badan Kesbangpol Bapak Haerudin S.H., M.H., serta Ketua Gerakan Bela Negara Brigjen TNI (Purn) Hidayat Purnomo.
(Pendam IV/Diponegoro)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer