BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kunjungan Kerja Menteri Pertanian di Wilayah Demak
Kunjungan Kerja Menteri Pertanian di Wilayah Demak

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian di Wilayah Demak

Demak, Rabu (10/6).  Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Ir. H. A. Amran Sulaiman, MP melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak tepatnya Bendungan Desa Wonokerto  dan area persawahan  Desa Klitih. Kunjungan Mentan disambut  Bupati Demak Drs H. Dachirin Said dan Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Nanang T.T Wibisono, S.A.P.

Turut hadir  Rombongan DPR RI, Muspida Kabupaten Demak,Dinas pertanian Propinsi Jawa Tengah beserta rombongan,Dinas Pertanian Kab Demak,  aparat Kelurahan Desa Klitih dan juga di hadiri petani yang kurang lebih 75 orang petani di sekitar wilayah Kabupaten demak .

Dalam Kunjungannya tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Ir. H. A. Amran Sulaiman, MP sekaligus untuk mengecek lokasi bendungan serta saluran pengairan (irigasi) di wilayah Kabupaten Demak guna mendukung swasembada.

Mentan berdialog langsung dengan para petani, meminta para petani untuk mengungkapkan permasalahan apa yang di hadapi terkait pengairan untuk pertanian.

Saat ini memasuki musim kemarau lahan pertanian  di Indonesia sering dilanda kekeringan. Sebayak 198 ribu hektar lahan pertanian di Indonesia setiap tahunnya tercatat mengalami kekeringan adapun 25 ribu mengalami gagal panen (puso) akibat kekeringan.Dalam upayanya itu pemerintah akan memberikan bantuan 30 ribu unit pompa air untuk pengairan di 96 Kabupaten di Indonesia.Langkah ini merupakan program perdana yang digulirkan pemerintahan Jokowi untuk mengantisipasi kekeringan.

“Satu unit pompa air seharga Rp.20 juta akan di sebarkan di seluruhIndonesia untuk pengairan.Kami juga akan mengoptimalkan normalisasi agar pengairan lancar.Sebelum belumnya program ini belum ada dan baru kali ini,” jelas Mentan.

Dalam rakor tersebut Mentan mendengarkan laporan para kepala dinas mengenai dampak kekeringan terhadap lahan pertanian dan peternakan. Mentan meminta agar para kepala dinas pertanian mendata dengan akurat lahan yang rusak akibat kekeringan.”Hasil pendataan itu segera sampaikan kepada Kementan agar dapat dialokasikan bantuan yang diperlukan,” tandas Mentan.
Usai memimpin rakor Mentan langsung meninjau lokasi sawah yang rusak karena bencana kekeringan di Desa Klitih, Kecamatan Karang Tengah, Demak, Jateng.  

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer