BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Latihan Ala Militer Calon Menwa Unikal Oleh TNI di Pekalongan
Latihan Ala Militer Calon Menwa Unikal Oleh TNI di Pekalongan

Latihan Ala Militer Calon Menwa Unikal Oleh TNI di Pekalongan

Pekalongan – Sebanyak 15 calon Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Negeri Pekalongan yang terdiri dari 5 orang putra dan 10 orang putri ikuti latihan pra pendidikan dasar (Pradiksar) Batalyon 930 Kyai Welang Yudha XLIII.

Kegiatan berlangsung selama 5 hari (17 – 21 Desember 2020) dan dilatih oleh sejumlah personel TNI dari Kodim 0710/Pekalongan, adapun latihan yang diberikan yaitu berupa teori dan praktek lapangan yang dilaksanakan di desa Kalijoyo kecamatan Kajen.

Kapten Infantri Nurkhan selaku Ketua Koordinator Pelatih menerangkan, bahwa kegiatan pradiksar calon menwa Unikal dilakukan dalam rangka persiapan melaksanakan diksar menwa yang akan diikuti oleh calon menwa dari semua universitas di Jawa tengah yang akan dilaksanakan di Rindam IV/Diponegoro Magelang.

“Kegiatan pradiksar ini dalam rangka persiapan diksar menwa di Rindam IV/Diponegoro Magelang”, terang Kapten Nurkhan.

Lanjutnya, dalam latihan pradiksar, calon menwa mendapat materi teori selama 2 hari di kampus tentang kesehatan lapangan, wawasan kebangsaan dan proxy war dan 3 hari berikutnya melaksanakan materi berganda diantaranya materi IMPK ( Ilmu Medan, Peta dan Kompas), flying fox, turun tebing, rayapan tali satu, jembatan tali dua, lorong hantu, survival, penginderaan dan caraka malam.

“Mereka calon menwa mendapat materi teori dan praktek lapangan atau berganda dan terakhir akan dilaksanakan materi  hanmars yang jaraknya kurang lebih 5 Km”, tuturnya.

Ditambahkan Kapten Nurkhan, bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan pradiksar calon menwa adalah selain persiapan diksar menwa di Rindam IV/Diponegoro Magelang, mereka akan dibentuk  menjadi menwa yang nantinya siap melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi di kampusnya dan sangat diharapkan dapat membentuk karakter dalam berorganisasi dan menjadi generasi penerus bangsa  yang siap menyongsong tantangan masa depan bangsa Indonesia.

“Mereka akan dibentuk menjadi Menwa yang siap melaksanakan tugasnya dan diharapkan mereka menjadi generasi penerus bangsa yang kuat dan siap menghadapi tantangan masa depan bangsa ini”, pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer