BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Latihan Bela Diri Yong Moo Do Kenaikan Sabuk Hijau ke Sabuk Biru di Stadion Karangbhirahi Brebes
Latihan Bela Diri Yong Moo Do Kenaikan Sabuk Hijau ke Sabuk Biru di Stadion Karangbhirahi Brebes

Latihan Bela Diri Yong Moo Do Kenaikan Sabuk Hijau ke Sabuk Biru di Stadion Karangbhirahi Brebes

Brebes, Selasa (09/10/2015) bertempat di Stadion Karangbhirahi Brebes telah dilaksanakan Latihan Bela Diri Yong Moo Do Latihan ini diikuti oleh Perwira, Bintara dan Tamtama dari beberapa satuan diantaranya Kodim 0713/Brebes. Kemampuan seni beladiri militer Yong Moo Do bagi setiap prajurit TNI adalah suatu keharusan dan wajib dilaksanakan demikian halnya dengan prajurit Kodim 0713/Brebes. Pada latihan bela diri Yongmoodo ini dilatih oleh beberapa personel anggota Kodim 0713/Brebes yang sudah melaksanakan pelatihan dan sudah mempunyai kwalifikasi Dan I (Sabuk Hitam). Latihan Bela Diri Yong Moo Do latihan ini untuk kenaikan sabuk hijau ke sabuk biru yang nanti di laksanakan pada tanggal 22-23 Oktober 2015 di Yonif 407/PK Tegal.

Pasi Ops Kodim 0713/brebes Kapten Arm Komari menjelaskan, “ Setiap prajurit harus memiliki kemampuan beladiri Militer, salah satunya seni beladiri Yongmoodo dengan metode latihan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut serta akan diadakan ujian kenaikan tingkat. Seluruh prajurit wajib mengikuti dan melaksanakan latihan beladiri ini karena beladiri Yong Moo Do untuk kenaikan sabuk hijau ke sabuk biru serta akan digunakan sebagai syarat bagi prajurit yang akan naik pangkat “.

Beladiri Militer Yongmoodo merupakan campuran seni beladiri dari Korea Selatan yang diadopsi sebagai olahraga beladiri resmi dijajaran TNI AD. Seni beladiri Yongmoodo mengutamakan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat. Beladiri Yong Moo Do tidak hanya mengandalkan gerakan pukulan dan tendangan saja, gerakan dan aksi dalam Yong Moo Do juga memadukan tinju, bantingan serta kuncian. Perpaduan ini dilatari gerakan dalam Tae Kwon Do, Judo, Kendo dan beladiri tradisional Korea Hankido dan Ssireum beladiri bantingan ala gulat asal Korea sehingga beladiri Yongmoodo ini menjadi salah satu beladiri wajib dijajaran TNI AD.

Adapun materi yang dilatihkan untuk kenaikan sabuk hijau ke sabuk biru dari sikap geraklan dasar Gibon Jaset terdiri dari 7 gerakan jejari sogi, pyoni sogi, anja gotgi, jwalo dora, wo-lo dora, ape-lo dora, dwi-lo dora, Balchagi tendangan terdiri dari gerakan jonsusin, hususin, jombang nakbob, chekbang nakbob, jombang hwejon nakbob, jatuhan, kuncian, bantingan terdiri dari dari 11materi gerakan yang terangkum dalam gerakanYounghobob, Gibon Jase, Gotgi terdiri dari gerakan aple lo gotgi, dwilo gotgi, io gotgi, anja gotgi aolelo dolgi, dwilo dolgi, Sonchigi terdiri dari gerakan, jumok baro chigi, jumok sewo chigi, jumok montong chigi, jumok dolyo chigi, jumok olyo chigi, bam jumok chigi, pyon jumok chigi, batangsong chigi sonnal chigi, sonal deng chigi, aogul makgi, montong makgi, are makgi, are majgi, bakat are makgi, Balchagi, Nakbob, Songisul, Momisul, Nu-un Gisuldan puncak materi ujian adalah Gibon Isu dan Gibon Itsu.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer