BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Latihan Bela Negara SMK 75-1 Purwokerto
Latihan Bela Negara SMK 75-1 Purwokerto

Latihan Bela Negara SMK 75-1 Purwokerto

Serbuan Teritorial Korem 071/Wijaya Kusuma menggelar Latihan Bela Negara bagi Siswa-Siswi SMK 75-1 Purwokerto.

Latihan Bela Negara dibuka oleh Kasrem 071/Wijaya Kusuma Letkol Inf Jefson Marisano S, S.I.P. mewakili Danrem 071/ Wijaya Kusuma di lapangan upacara Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto Sokaraja Banyumas, Kamis (4/5).

Danrem 071/Wijaya Kusuma Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Kasrem 071/ Wijaya Kusuma mengatakan bahwa sebagai bagian dari elemen bangsa, para siswa-siswi sebagai generasi muda bangsa mempunyai hak dan kewajiban dan berperan aktif dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, baik dilingkungan sekolah maupun diantara sesama generasi muda lainnya dimanapun beraktivitas dan bertempat tinggal.

Dengan menyadari tanggungjawab yang strategis tersebut, lanjutnya. Keberadaan para siswa sebagai generasi muda penerus bangsa menjadi sangat penting untuk diberikan tambahan bekal pengetahuan diluar disiplin ilmu akademisnya, berupa pemahaman mengenai pentingnya wawasan kebangsaan, wawasan nusantara, ketahanan nasional dan kesadaran bela negara.

Pada bagian lain, Danrem 071/Wijaya Kusuma juga menyampaikan apresiasinya terhadap diselenggarakannya kegiatan Latihan Bela Negara tersebut dan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kepala Sekolah SMK 75-1 beserta para pembimbing dan staf atas terselenggaranya kegiatan ini, karena pelatihan bela negara seperti ini menunjukkan bahwa perhatian dan loyalitas para siswa sebagai generasi penerus bangsa masih tetap teguh dan kokoh.

“Latihan Bela Negara yang diselenggarakan SMK 75-1 Purwokerto ini telah dua kali diselenggarakan di Korem 071/Wijaya Kusuma, hal ini menunjukkan bahwa SMK 75-1 Purwokerto masih sangat konsen terhadap berbagai persoalan bangsa dan negara yang kita cintai bersama,” kata Danrem 071/Wk.

Selain itu, Danrem 071/Wijaya Kusuma menyampaikan pula bahwa tujuan diselenggarakannnya latihan bela negara ini disamping untuk meningkatkan kedisiplinan, kejujuran, kepekaan sosial, solidaritas, ketangkasan dan ketahanan fisik para siswa juga dimaksudkan pula untuk menanamkan rasa bela negara tentang 4 Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI dalam kehidupan sehari-hari.

Gelar Latihan Bela Negara-2 bagi para siswa kelas XI SMK 75-1 Purwokerto diikuti 271 siswa/siswi, diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 5 sampai dengan 7 Juni 2015 dengan tema “Aku Bangga Jadi Pramuka”, dengan materi yang diberikan antara lain Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Saka Wira Kartika, meliputi Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mounteneering, Krida Survival, dan Krida Penanggulangan Bencana. Pendidikan Bela Negara dalam Kepramukaan, Wawasan Kebangsaan, Kekaryaan dan kewirausahaan, dan kepedulian sosial dan lingkungan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer