BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Latihan Kader Pertanian Bagi Babinsa & Mahasiswa Dalam Rangka Meningkatkan Swasembada Pangan di Wilayah Kodim Brebes Tahun 2015
Latihan Kader Pertanian Bagi Babinsa & Mahasiswa  Dalam Rangka Meningkatkan Swasembada Pangan di Wilayah Kodim Brebes Tahun 2015

Latihan Kader Pertanian Bagi Babinsa & Mahasiswa Dalam Rangka Meningkatkan Swasembada Pangan di Wilayah Kodim Brebes Tahun 2015

Brebes, Senin (9/2) Di Aula Makodim 0713/Brebes telah dilaksanakan Latihan Kader Pertanian Bagi Babinsa & Mahasiswa Dalam Rangka Meningkatkan Swasembada Pangan Di Wilayah Kodim Brebes Tahun 2015, yang dihadiri Pasiter 0713/Brebes Kapten Solikhudin, Para Danramil di jajaran Kodim 0713/Brebes, Dinas Pertanian Kabupaten Brebes Ir. Talab dan anggotanya 1 orang, dan para Babinsa Kodim 0713/Brebes.

Sebelum melaksanakan praktek dilapangan Danramil dan Babinsa diberikan meteri oleh Dinas Pertanian Kabupaten Brebes Ir. Talab menyampaikan bagaimana cara menanam padi jajar legowo tersebut, dengan harapan bisa mengerti dan memahami tentang pola tanam yang baik guna menghasilkan kualitas yang bagus nantinya.

Tanam padi menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan Negara Indonesia, bagaimana tidak beras menjadi salahsatu produk yang sangat penting dikarenakan beras menjadi produk yang termasuk pada Sembilan bahan pokok, serta banyak hal yang mempengaruhi proses meningkatnya produksi padi , mulai dari penggunaan bibit unggul, pemupukan yang tepat sasaran, pengairan yang tepat, pengendalian hama penyakit, dan lain sebagainya, pada saat ini ada cara yang bisa di tempuh oleh petani dalam proses meningkatakan produksi padi  yaitu dengan cara tanam padi metode jajar legowo.

Tujuan utama dari tanam padi dengan metode jajar legowo yaitu meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi tanam yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir ( tanaman pinggir ) atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir. Dari pengalaman petani tanaman padi yang berada di pinggir akan menghasilkan produksi padi lebih tinggi dan kualitas dari gabah yang lebih baik, ini disebabkan tanaman padi yang berada di pinggir akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Oleh sebab itu metode jajar legowo menjadi salah satu pilihan dalam proses meningkatkan produksi gabah.

Adapun cara penanaman padi legowo dengan menggunakan tipe antara lain Jajar Legowo 2:1 – Setiap dua baris diselingi satu baris yang kosong dengan lebar dua kali jarak tanam, dan pada jarak tanam dalam baris yang memanjang di perpendek menjadi setengah jarak tanam dalam barisannya. Jajar Legowo 3:1 – Setiap tiga baris tanaman padi di selingi dengan satu baris kosong dengan lebar dua kali jarak tanam, dan untuk Jarak tanam tanaman padi yang dipinggir menjadi setengah jarak tanam dalam barisannya. Jajar Legowo 4:1 – setiap empat baris tanaman padi diselingi dengan satu baris kosong dengan lebar dua kali jarak tanam, dan untuk Jarak tanam tanaman padi yang dipinggir menjadi setengah jarak tanam dalam barisannya. Diantara tiga tipe yang menghasilkan banyak dengan menggunakan tipe jajar legowo 2:1.

Dilanjutkan Praktek di lapangan tentang cara mengolah lahan dengan di praktekan langsung oleh para babinsa menggunakan alat mesin pertanian yaitu traktor, lahan yang di olah untuk penanaman padi dan cara menanam padi bertempat di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten brebes.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer