BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Kecamatan Kebakkramat-Karanganyar
Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Kecamatan Kebakkramat-Karanganyar

Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Kecamatan Kebakkramat-Karanganyar

Baru-baru ini rangkaian kegiatan pelaksanaan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan di kecamatan Kebakkramat – Karanganyar ditutup oleh Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen pasunda, S.Sos.

Pada kegiatan tersebut para personil yang terlibat mempraktekan bagaimana cara mengatasi bencana banjir yang dimulai dengan  informasi dari BMKG bahwa pada minggu ke depan curah hujan di wilayah Eks Karesidenan Surakarta akan meningkat diatas 100 mm sehingga Kakesbang linmas untuk menyiapkan 1 sst standbay di kantor namun Danramil 03/Kebakkramat melaporkan truk yang dipakai untuk distribusi ke desa waru mengalami kerusakan patah as belakang. Di wilayah Ds. Sidodadi mengalami kekurangan mobil tanki air bersih 3 dan MCK 10 unit, sedangkan ada seorang ibu di pengungsian yang akan melahirkan situasi yang begitu komplek banyaknya anak-anak dan para lansia di tampung balai desa waru membuat seluruh Prajurit Kodim 0727/Karanganyar, harus segera di ekfakuasi ke tempat yang lebih aman yaitu lapangan belakang koramil 03/Kebakkramat. Pada situasi tersebut terlihat pula ternak-ternak yng mati karena sakit segera dikubur dan disemprotkan disinfektan agar virus tak menyebar ke para pengungsi. Bantuan yang datang dari berbagai elemen masyarakat membuat para pengungsi terbantu. Setelah beberapa hari akhirnya BMKG menginformasikan keadaan cuaca mulai membaik, warga masyarakat meminta segera kembali kepemukiman karena ingin melihat dan membersihkan rumah. Situasi tanggap darurat selesai Bupati Karanganyar memohon agar TNI/Polri membantu untuk rehalibilitasi dan rekonstruksi.

Dandim 0727/Karanganyar mengatakan bahwa simulasi kegiatan tersebut sudah baik namun masih banyak yang harus diperbaiki terlebih kesiapsiagaan personil yang dinilai masih kurang cepat semoga saat bencana datang para personil di daerah lebih siap sehingga tingkat kerugian materil maupun jiwa dapat diminimalisir.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer