BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Latnister Tingkatkan Kemampuan Prajurit
Latnister Tingkatkan Kemampuan Prajurit

Latnister Tingkatkan Kemampuan Prajurit

Sesuai dengan program kerja bidang latihan, kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan Latnister (Latihan tehnis Teritorial). Tujuan diselenggarakan latihan ini adalah untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis anggota Kodim baik perorangan maupun satuan kewilayahan dalam pelaksanaan tugas-tugas kewilayahan. Pelaksanaan Latnister ini diikuti oleh 150 orang anggota mulai tanggal 27 Februari sampai dengan 7 Maret 2017.

Materi yang diujikan kali ini meliputi teori dan praktek yang terdiri dari Sikap Teritorial dan 5 Kemampuan Teritorial. Sikap Teritorial adalah wujud nyata pengamalan dan penghayatan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dalam bentuk keseluruhan tingkah laku, tindak tanduk dan cara seseorang berhubungan dengan sesamanya dan dalam rangka mengamankan dan menyukseskan pembangunan. Sedangkan 5 Kemampuan teritorial meliputi : a) Temu cepat dan lapor cepat. b) Manajemen teritorial. c) Pembinaan perlawanan rakyat. d) Komunikasi sosial. e) Penguasaan wilayah.

Letkol Czi Dwi Hariyono dalam sambutannya menyampaikan agar dalam pelaksanaan Latnister diharapkan dilaksanaan dengan penuh semangat, mengingat pentingnya latihan ini serta terbatasnya waktu latihan yang ada dan diharapkan baik pelatih dan peserta dapat mengikuti latihan dengan seksama agar hasilnya dapat maksimal, karena dengan latihan yang sungguh-sungguh maka tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik dan benar, mengingat tugas kedepan tidak mudah.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan sebagai Apkowil harus mampu mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial, menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan negara. Untuk itu sebagai Apkowil dituntut harus mempunyai kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan, diantaranya dapat dan memahami kemampuan teritorial, dapat dan memahami sikap teritorial, dapat dan memahami metode binter yang menjadi pedoman bagi para Apkowil dalam melaksanakan Binter di wilayahnya.

Selain itu juga harus memenuhi kemampuan perorangan yang meliputi kemampuan mendapatkan informasi dan melaporkan dengan cepat, kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat di sekitarnya, kemampuan meningkatkan kesadaran bela negara kepada masyarakat dan kemampuan penguasaan medan, tutup Dandim.

Kapten Czi Sarwiyono selaku Pasi Ops menambahkan bahwa pembinaan Teritorial sebagai fungsi utama TNI Angkatan Darat bertujuan untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan untuk kepentingan pertahanan Negara.Untuk melaksanakan fungsi Binter tersebut setiap indivindu prajurit satuan Komando Kewilayahan dituntut untuk mampu melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial di wilayah dengan baik.

Pembinaan latihan di satuan Kodim 0707/Wonosobo khususnya tingkat koramil diarahkan untuk meningkatkan sumber daya manusia aparat Komando Kewilayahan agar mempunyai kesiapan dalam melaksanakan tugas, serta kualitas dan kemampuan tehnis yang dapat diandalkan, khususnya dalam menghadapi tugas-tugas Pembinaan Teritorial di wilayah penugasannya. Latihan Tehnis Teritorial merupakan salah satu yang dilaksanakan untuk memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemampuan baik perorangan maupun satuan Komando Kewilayahan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer