BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Launching Program Penggunaan Barcode Kapal Nelayan
Launching Program Penggunaan Barcode Kapal Nelayan

Launching Program Penggunaan Barcode Kapal Nelayan

Tegal – Kamis (5/11) Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S.Sos hadiri acara Launching program pengguna barcode kapal nelayan bertempat di kantor pelabuhan perikanan pantai (PPP) Kota Tegal.

AKBP Sugeng Tiyarto saat sambutannya mengatakan, dirinya mengaku melakukan terobosan ini untuk mempermudah para nelayan untuk melakukan perijinan sebelum berangkat melaut.

AKBP Sugeng Tiyarto Kasubdit 2 Eksus Ditreskrimsus Polda Jateng akhirnya bisa bernafas lega, lantaran gagasannya soal pembarcotan kapal nelayan bisa di Launching. Pemprov Jateng melakukan launching penerapan sistem barcode kapal penangkap ikan (KPI) guna perbaikan sistem registrasi dan tertib administrasi dalam rangka mewujudkan pengelolaan sumber daya ikan secara berkelanjutan di halaman Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kota Tegal.

Pada kesempatan itu, dirinya bersama wakil walikota Tegal HM. Nursholeh memasang secara simbolis menempelkan barcode kapal di Kapal Sumber Udang dibawah 30 GT.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Lalu M Safriadi memberikan apresiasi kepada Kasubdit 2 Eksus Ditreskrimsus Polda Jateng yang telah membuat terobosan dalam penerapan sistem barcode bagi nelayan yang memiliki kapal berukuran dibawah 30 Gross Ton (GT) diseluruh Jawa Tengah.

Dari data menunjukan ada sekitar 4000 kapal di Jateng sementara sekarang ini baru merealisasi 1200 barcode kapal dibawah 30 GT dan tentunya kami sangat mengapresiasi terobosan penerapan sistem barcode ini. Pemprov sendiri dapat melakukan pembarcotan kapal dibawah 30 GT akan tetapi kalo diatas 30 GT itu kewenangan Pemerintah Pusat” Ucap Lalu

Sistem penerapan barcode ini agar terus dilanjutkan dan implementasi teknologi yang mampu menyempurnakan pelaksanaan kepengurusan surat perijinan bagi nelayan sebelum melaut.

Hadir pada pelaksanaan Launching Barcode Kapal, Kepala Dinas Kelautan Provinsi Jateng, Danlanal Tegal, Dandim 0712/Tegal, Kapolres Kota Tegal, dan Forkompinda Kota Tegal serta pemilik kapal.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer