BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Lepas Sambut Dandim Yogyakarta
Lepas Sambut Dandim Yogyakarta

Lepas Sambut Dandim Yogyakarta

Kodim sebagai satuan kewilayahan selalu siap melaksanakan operasi militer selain perang untuk menggerakkan masyarakat guna mendukung program pemerintah. Swasembada pangan penuh tahun 2017 yang dicanangkan pemerintahan mendapat apresiasi dari jajaran TNI AD dari tingkat pusat hingga daerah. Melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim berusaha membangkitkan kembali kesadaran masyarakat untuk bercocok tanam demi terwujudnya program tersebut.

“Program hodroponik yang telah dilaksanakan komandan lama akan diteruskan, karena hal tersebut juga mendukung pemerintah. Kedepan kami siap menggerakkan masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan,” tegas Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Hotlan Maratua Gurning usai kegiatan lepas sambut dandim lama dari Letkol (Inf) Renal Aprindo Sinaga kepada dirinya di makodim setempat, Rabu (08/07/2015).

Menurut mantan Kasi Ops Korem 024 Kawal Samudera Sibolga ini, hidroponik merupakan salah satu solusi untuk mengatasi bercocok tanam dengan lahan yang terbatas di wilayah perkotaan seperti di Yogyakarta ini. Produksi yang dihasilkan juga tak kalah dengan tanaman yang dibudidayakan secara konfensional dengan media tanah serta air.

Kedepan ia berharap Kodim Yogyakarta dapat menjadi contoh kodim di wilayah lain dalam budidaya sistem hidroponik ini. Perwira menengah angkatan 95 ini juga siap mengerahkan prajuritnya untuk memberikan pelatihan mulai dari pembuatan modul, penyemaian, perawatan hingga pemanenan.

Dalam tugas awalnya sebagai Dandim, seperti arahan dari Danrem 072 Pamungkas, Hotlan Maratua Gurning siap melakukan serbuan teritorial kepada masyarakat. Untuk kegiatan yang paling dekat yakni dengan mengerahkan prajuritnya untuk turut terlibat dalam mengamankan Lebaran mulai dari saat arus mudik hingga arus balik.

Sebanyak 1 Satuan Setingkat Pleton (SST) prajurit telah disiapkannya untuk mendukung Kepolisian. Selain itu dibawah kepemimpinannya, Kodim Yogyakarta juga akan melibatkan ormas untuk turut serta dalam kegiatan pengamanan sebagai bentuk pembinaan kepada masyarakat.

Sementara itu, Renal Sinaga yang mulai pekan depan akan bertugas di Kostrad sebagai Waasops Kasdivif-1 berpesan kepada Dandim yang baru untuk terus meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti yang selama ini telah terjalin dengan baik. Dinamika yang terjadi di Kota Yogyakarta sangat dinamis sehingga membutuhkan mengambilan keputusan secara cepat tanpa meninggalkan koordinasi baik kedalam jajaran maupun keluar.

“Kondisi Kota Yogyakarta sangat kondusif, itu harus selalu dijaga. Terus berbuat yang terbaik untuk kota ini dan terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang ada,” tegasnya.

Sepuluh bulan menjabat sebagai Dandim Yogyakarta beberapa capaian telah dihasilkan oleh Renal Sinaga, diantaranya mengerakkan seluruh kelurahan di kota ini membudidayakan tanaman sistem hidroponik, bersama pemerintah daerah menggalakkan program Merti Kali maupun mencanangkan program KB yang dimulai dari para prajurit. Dibawah kepemimpinan mantan Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 403 Wirasada Pratista ini Kota Yogyakarta relatif kondusif dan para prajurit Kodim mampu melakukan deteksi dini terhadap gangguan yang berpotensi akan muncul untuk kemudian dilakukan antisipasi.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer