BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Lestarikan Ekosistem Pesisir Melalui Program Penghijauan
Lestarikan Ekosistem Pesisir Melalui Program Penghijauan

Lestarikan Ekosistem Pesisir Melalui Program Penghijauan

Rembang- Kawasan pesisir pantai Desa Banggi sampai dengan sarang sepanjang pantai pantura menjadi sasaran program penghijauan dari berbagai pihak Selasa (9/8/2016). Bukan hanya pemerintah , program kepedulian sosial , ( CSR ) dari sejumlah perusahaan dan kegiatan sosial dari sejumlah elemen masyarakat dan TNI Kodim 0720/Rembang. Penghijauan puluhan hektar lahan di pesisir Pantai tersebut juga melibatkan Personil TNI, Polri, masyarakat serta pelajar.

“ini merupakan sebuah program dan peduli semuanya untuk penanganan kerusakan dan pelestarian kawasan dan ekosistem pesisir pantai kususnya di pasar Desa Banggi. Tujuannya mengurangi risiko bencana dan melestarikan ekositem pesisir,” ujar Dandim 0720/Rembang Letnan Kolonel Inf Darmawan Setiady Sip.

Adapun pemilihan pesisir Pantai sebagai lokasi penanaman pohon cemara laut bukan tanpa alasan. itu sebagai bagian dari penghijauan berkelanjutan dilokasi pesisir pantai dengan hutan Cemara laut yang rusak. Dua tahun yang lalu. TNI bersama LSL LMLH juga melakukan upaya serupa dilokasi yang sama. kini program tersebut berlanjut kearah yang luar atau lebih dekat dengan bibir pantai.

Upaya pengembalian sabuk hijau pantai belakangan digenjarkan pemerintah melalui berbagai satuan kerja perangkat daerah ( SKPD ) sementara pelaksanaanya, selalu melibatkan TNI,Polri, masyarakat, terutama kelompok warga setempat agar muncul kesadaran bersama untuk turut menjaga dan merawat hingga tumbuh.

“Pemerintah tidak bisa sendiri dalam melaksanakan program penghijauan pesisir, masyarakat lokal menjadi kunci agar pohon cemara laut yang ditanam tidak siasia atau bahkan hilang setelah penanaman,” Kata Letkol Darma

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer