BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / LONGSOR MERUSAK KANDANG TERNAK
LONGSOR MERUSAK KANDANG TERNAK

LONGSOR MERUSAK KANDANG TERNAK

Longsor adalah terjadinya pergerakan tanah atau bebatuan dalam jumlah besar secara tiba-tiba atau berangsur yang umumnya terjadi didaerah terjal yang tidak stabil. Faktor lain yang mempengaruhi terjadinya bencana ini adalah lereng yang gundul serta kondisi tanah dan bebatuan yang rapuh. Air hujan adalah pemicu utama terjadinya tanah longsor. Ulah manusia pun bisa menjadi penyebab tanah longsor seperti penambangan tanah, pasir dan batu yang tidak terkendalikan. Yang terjadi di wilayah Kecamatan Sukoharjo tepatnya di dukuh Kwarasan rt;11/03 desa Jebeng plampitan,terjadi tanah longsor,Minggu(18/9) sekitar pukul 20,15 wib.

Dari kejadian di atas mengakibatkan robohnya kandang ternak milik bapak Sarno Fahrudin,35 tahun,Islam,Tani dan bapak Suprapto Reno,46 tahun,Islam,Tani. Panjang longsoran sekitar 35 meter dan tinggi 10 meter.Babinsa dan unsur Muspika seterimanya berita dari desa langsung mengecek ke lokasi kejadian, meskipun tidak ada korban jiwa kerugian yang di akibatkan longsor di taksir sekitar Rp.30 juta. Muspika,SAR, dan babinsa menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di areal tebing supaya berhati-hati, selalu meningkatkan kewaspadaan barangkali terjadi longsor susulan. Masyarakat beserta unsur terkait bergotong royong membersihkan puing-puing reruntuhan. Longsor di akibatkan hujan yang turun secara terus-menerus, tanah tidak mampu menahan beban air hujan.

Kondisi tebing yang gundul sangat memicu terjadinya longsor, warga di harapkan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Bencana tidak tahu kapan datangnya, diharapkan warga tetap tanggap bencana. Menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, jaga keselamatan keluarga dan tingkatkan kewaspadaan. Cuaca yang tidak menentu dan tingginya curah hujan di Wonosobo, mengakibatkan longsor sering terjadi. Di harapkan warga tidak menebang pohon sembarangan,perlu adanya reboisasi agar meminimalisir kejadian serupa. Tanpa kesadaran kita bersama siapa lagi yang akan berbuat, cintailah lingkungan agar alam juga bersahabat kepada kita,pungkas M.Yani.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer