BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Melalui TMMD Reguler Ke 100 TNI Bina UMKM Pagerejo
Melalui TMMD Reguler Ke 100 TNI Bina UMKM Pagerejo

Melalui TMMD Reguler Ke 100 TNI Bina UMKM Pagerejo

Dalam upaya mensejahteraakan rakyat salah satu upaya adalah dengan cara membangun ekonominya. Dalam hal ekonomi banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan memaksimalkan UMKM yang ada diwilayah.  Itu merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam Program TMMD Reguler ke 100 di Pagerejo. Kegiatan yang dilaksanakan adalah mengadakan penyuluhan tentang pentingnya membangun ekonomi pedesaan dengan memanfaatkan potensi yang ada.  Penyuluhuan dilaksanakan di Balai Desa dengan mengudang petugas dari Dinas UMKM Kabupaten. (17/10)

Selaku koordinator kegiatan UMKM pada kegiatan TMMD Reguler ke 100 Kapten Trio Mardiyanto dalam pembukaanya menyampaikan bahwa apabila kita bisa mengoptimalkan potensi ekonomi didesa melalui UMKM pasti akan membawa kemakmuran bersama. Sebab melalui UMKM kita bisa menjual produk ke luar dengan mudah.  Ada masalah bisa terpecahkan dengan cepat dan akan membawa kemajuan yang luar biasa.  UMKM selalu dibantu oleh Pemerintah seperti penyuluhan atau pembinaan seperti ini.

Lebih lanjut disampaikan bawha dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, UMKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan yang penting karena sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun moderen. Peranan usaha kecil tersebut menjadi bagian yang diutamakan dalam setiap perencanaan tahapan pembangunan perekonomian Indonesia. Peranan perokonomian sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan ekonomi pedesaan.

Penyuluhan UMKM   merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan para pelaku usaha kecil dan menengah serta dalam mendapatkan permodalan khususnya bagi pelaku usaha di Desa Sidareja. Betapa banyaknya pengusaha mikro dan kecil yang harus diberdayakan untuk menciptakan 1 orang kesempatan kerja atau kesempatan usaha tambahan baru maka akan tercipta kesempatan kerja baru. Ini artinya jika kita mampu memberdayakan UMKM tersebut, upaya pemberantasan kemiskinan akan berhasil secara signifikan.

Gatot penyuluh dari Dinas UMKM menyampaikan bahwa  Usaha Mikro Kecil dan  Menengah (UMKM) desa merupakan salah satu bagian penting dari setiap desa demi terciptanya desa yang makmur dan sejahtera. Setiap desa seharusnya memiliki suatu sarana UKM sebagai salah satu alat ukur kemakmuran desa.

Lebih lanjut Gatot  menambahkan bahwa pemerintah saat ini mendorong para pelau UMKM untuk lebih mandiri untuk berwira usaha. Dalam berwira usaha ini pemerintah akan memberikan pendampingan dan memberikan ijin usaha secara geratis.  Sehingga apabila dalam usaha sudah memiliki ijin maka dalam penjualannya akan mudah bisa diterima di mana – mana. Konsumen akan yakin akan kualitas produk yang dipasarkan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer