BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Meningkatnya Paparan Covid-19 Tak Menyurutkan Babinsa Dampingi Petani
Meningkatnya Paparan Covid-19 Tak Menyurutkan Babinsa Dampingi Petani

Meningkatnya Paparan Covid-19 Tak Menyurutkan Babinsa Dampingi Petani

Boyolali. Meningkatnya paparan Covid-19 di tengah warga  tak menyurutkan Babinsa Desa Pelem  Koramil 12/Simo Kodim 0724/Boyolali Serda M. Irfan mendampingi kegiatan pengubinan kedelai  oleh Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali di Dukuh Nayan  Rt 25 Rw 07 Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Selasa (15/09).

Pengubinan merupakan cara mudah untuk mengetahui potensi hasil panen, khususnya pada tanaman padi, jagung dan kedelai, pengubinan ini biasa dilakukan para petani menjelang masa panen. Seperti pengubinan kali ini yang dilakukan oleh Suwardi dari kelompok Tani Maju Desa Pelem.

Cara menghitung produksi dengan metode pengubinan ini dilakukan Serda M Irfan bersama Dinas Pertanian Kabupaten dan PPL (petugas penyuluh lapangan) , dengan melaksanakan pendampingan  pengubinan tanaman kedelai jenis anjasmoro.

Koordinator PPL Desa Pelem mengatakan pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas statistik dan pertanian untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil produk pertanian seperti padi dan jagung.

”Cara atau teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan jumlah hasil panen dalam luasan satu hamparan. Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan hasil panen dari tanaman yang dikelolanya, termasuk tanaman kedelai”. ungkap petugas PPL Simo Sugiarto.

Babinsa mengatakan, sudah menjadi tugas kami hadir ditengah petani untuk memberikan motivasi dan mendorong semangat para petani dalam meningkatkan hasil panen apalagi di masa pandemic ini. Dengan hal itu para petani bisa lebih produktif  sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan hasil panen demi ketahanan pangan wilayah khususnya di Kabupaten Boyolali. “Selalu berada ditengah warga maupun para petani adalah tugas dan kewajiban kami selaku Babinsa maupun aparat teritorial. Selain itu kegiatan semacam ini juga sebagai ajang silaturahmi antar warga dengan Babinsa, meningkatnya hasil panen termasuk salah satu bentuk ketahanan wilayah, terutama ketahanan pangan”. tutur Babinsa Pelem.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer