BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Menwa Tingkatkan Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air
Menwa Tingkatkan Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

Menwa Tingkatkan Rasa Kebangsaan dan Cinta Tanah Air

Kegiatan Menwa merupakan salah satu solusi kebangsaan yang efektif dalam rangka meningkatkan dan membangun rasa kebangsaan yang tinggi, kecintaan terhadap tanah air dan semangat gotong royong yang kuat, sehingga akan melahirkan jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan yang kokoh di antara sesama anak bangsa.

Hal ini disampaikan Serma Arifin anggota Koramil 14/Tugu  pembukaan latihan ini dilaksanakan di Kodim 0733/BS Semarang (6/2). Menwa yang mengikuti 20 peserta dari semua jurusan dari Universitas Diponegoro. Pada kesempatan tersebut, anggota Menwa juga melaksanakan bongkar pasang senjata di aula Kodim 0733/BS Semarang.

Diharapkan kegiatan bela Negara ini dapat mewujudkan rasa persatuan, meningkatkan wawasan kebangsaan, meningkatkan kepemimpinan dan kemampuan Menwa yang meliputi beberapa ancaman paling potensial yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini berkait dengan ancaman disintegrasi moral dan disintegrasi sosial.

Disintegrasi moral dapat dilihat dari kenyataan semakin rendahnya rasa saling menghormati, hilangnya rasa kebersamaan dan kegotong royongan. Selain itu juga berkurangnya penghormatan terhadap nilai budaya dan agama serta munculnya sikap individual. Sedangkan disintegrasi sosial dapat diamati dari lunturnya rasa nasionalisme.

Dengan kondisi tersebut, maka diharapkan adik-adik Menwa dapat berkiprah secara positif dan kreatif dengan prinsip-prinsip kepribadian yang semakin mantap, sehingga adik-adik sebagai generasi muda tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi hal-hal yang melanggar hukum.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer