BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Merti Kali Untuk Menjaga Kelestarian Air Kali Winongo
Merti Kali Untuk Menjaga Kelestarian Air Kali Winongo

Merti Kali Untuk Menjaga Kelestarian Air Kali Winongo

YOGYAKARTA. Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Selain dimanfaatkan untuk irigasi pertanian sungai juga potensial untuk dijadikan obyek wisata minat khusus. Mengingat begitu pentingnya sungai sebagai sumber mata air Pemerintah melalui Forum Komunikasi Winongo Asri ( FKWA ) DIY mengajak masyarakat untuk menjaga dan memelihara lingkungan sungai melalui kegiatan Merti Kali yang digelar pada Minggu (13/11/2016) bertempat di sungai Winongo.

Babinsa Koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Yogyakarta Koptu Tri Maryaka mengikuti kegiatan Merti Kali Winongo di Rw.10 Gampingan Kelurahan Pakuncen Kecamatan Wirobrajan,kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimka Kecamatan Wirobrajan serta semua Elemen Masyarakat di Kelurahan Pakuncen.

Kegiatan Merti Kali melibatkan warga secara aktif untuk bekerja secara gotong royong membersihkan sungai Winingo dari hulu sampai hilir. Untuk mencegah kerusakan sungai FKWA DIY melakukan restorasi sungai dengan melibatkan masyarakat secara langsung melalui sebuah kegiatan bernama Merti Kali.

Merti Kali merupakan wujud kearifan local masyarakat dalam menjaga kelestarian sungai. Dalam merti kali ini terkandung nilai-nilai luhur untuk menjaga sinergitas kehidupan manusia dan lingkungannya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer