BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Operasi Gaktib dan Yusitisi, Denpom Purwokerto Sasar Kendaraan Dinas dan Pribadi
Operasi Gaktib dan Yusitisi, Denpom Purwokerto Sasar Kendaraan Dinas dan Pribadi

Operasi Gaktib dan Yusitisi, Denpom Purwokerto Sasar Kendaraan Dinas dan Pribadi

Banyumas – Kendaraan dinas maupun pribadi milik prajurit dan PNS Makorem dan Satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma disidak Tim Gabungan Denpom IV/1 Purwokerto, Staf Intelrem 071/Wk, Tim Intelrem 071/Wk dan Provost Makorem 071/Wk, Jum’at (15/2).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka operasi Penegakkan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi tahun 2019 bertujuan untuk mengecek alat kelengkapan kendaraan dan kedisiplinan personel dalam berkendara, disamping tertib adminisistrasi. Selain itu, operasi Gaktib dan Yustisi juga dimaksudkan untuk untuk menekan angka pelanggaran dan mengurangi angka kecelakaan prajurit dan PNS.

Sasaran Sidak kali ini adalah mengecek fisik kendaraan seperti lampu dan pemantulan cahaya lampu, spidometer, spion, klakson, rem, lampu sein, helm dan sarana pendukung lainnya seperti dongkrak, ban cadangan, rem parkir, sabuk pengaman dan P3K dalam kendaraan roda empat/lebih. Selain kondisi fisik, Tim juga menyasar kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB serta surat pendukung lainnya seperti SIM (SIM TNI dan umum) dan Kartu Tanda Anggota (KTA) prajurit/PNS.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M. M.Han., melalui Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd., mengatakan kegiatan ini merupakan upaya preventif untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan. Dirinya berharap dengan dilaksnakannya operasi ini setiap prajurit dan PNS dapat membiasakan diri dan membudayakan disiplin serta tertib berlalu lintas dan tertib administtasi.

“Sebelum berkendara sebaiknya cek kondisi kendaraan dan alat kelengkapannya termasuk surat-surat kendaraan dan surat-suat pendukung lainnya”, himbau Kasrem.

Sementara itu, Dandenpom IV/1 Purwokerto, Letkol Cpm Kasid mengungkapkan, kegiatan Operasi Gaktib dan Yustisi akan dilaksanakan sepanjang tahun 2019 sebagai upaya meminimalisir pelanggaran-pelanggaran prajurit TNI di wilayah Kodam IV/Diponegoro.

Dikatakan Dandenpon selain mengecek secara fisik kendaraan dinas dan pribadi, sidak ini untuk mengecek masa berlaku surat-suratnya baik itu SIM maupun STNk. Apabila masa berlakunya sudah mau habis segera diperpanjang dan apabila didapati kelengkapan administrasi personil yang tidak lengkap atau sudah habis masa berlakunya, maka akan dicatat dan di laporkan ke atasan masing masing untuk diproses lebih lanjut.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer