BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / OPERASI GAKTIB DAN YUSTISI TINGKATKAN DISIPLIN DAN KEPATUHAN HUKUM PRAJURIT
OPERASI GAKTIB DAN YUSTISI TINGKATKAN DISIPLIN DAN KEPATUHAN HUKUM PRAJURIT

OPERASI GAKTIB DAN YUSTISI TINGKATKAN DISIPLIN DAN KEPATUHAN HUKUM PRAJURIT

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni Supriyanto menjadi inspektur pada upacara militer pembukaan Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi Pom TNI 2017 (26/1). Upacara digelar di Mapomdam IV/Diponegoro, Semarang.

Pada sambutan tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Kasdam IV/Diponegoro memerintahkan kepada seluruh prajurit bahwa upaya penegakkan disiplin dan kode etik keprajuritan menempati posisi penting dan sangat dibutuhkan guna mampu secara maksimal memberikan dampak positif bagi konsistensi sikap dan perilaku prajurit TNI.

Hal ini dapat terwujud melalui penyelenggaraan operasi gaktib dan yustisi secara tegas dan berwibawa, sesuai dengan tema : “Melalui Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2017, Polisi Militer TNI Bertekad Meningkatkan Disiplin, Loyalitas, Moralitas dan Kepatuhan Hukum Guna Mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat”.

Sasaran penyelenggaraan operasi gaktib dan yustisi TA 2017 adalah meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum Prajurit TNI maupun PNS TNI yang bebas dari penyakit masyarakat seperti judi, miras, narkoba, dan penyalahgunaan barang-barang terlarang lainnya, peredaran uang palsu, pungutan liar (pungli) penyimpangan ideologi serta pelanggaran hukum lainnya.

Disisi lain dijelaskan Panglima TNI, bahwa saat ini kita masih diwarnai keprihatinan akan tergerusnya nilai budaya luhur dan dampak negatif secara langsung atau tidak langsung, dapat menggerus kepribadian prajurit yang mempengaruhi nilai-nilai loyalitas, moralitas dan integritas prajurit,” jelas Panglima TNI.

Selain itu, dampak globalisasi juga dapat menjadi parasit bagi upaya membangun TNI yang profesional, solid, militan dan dicintai rakyat. Upaya membangun TNI pada hakekatnya harus berorientasi kepada nilai sikap dan kode etik, sebagaimana yang terdapat di dalam Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyebutkan, Operasi Gaktib dan Yustisi 2017 itu dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Operasi bertujuan menekan dan mencegah terjadinya pelanggaran serta perbuatan melawan hukum dari anggota TNI. Dengan operasi tersebut diharapkan akan terwujud prajurit TNI yang memiliki jiwa patriot sejati, profesional, dan dicintai rakyat guna mendukung pencapaian tugas pokok.

Pada kesempatan ini, Kasdam IV/Diponegoro menyematkan tanda operasi kepada prajurit sebagai perwakilan petugas gabungan TNI dan POM. Diharapkan, operasi tersebut dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku dan perintah kedinasan.

Hadir pada upacara tersebut para pejabat TNI wilayah Jateng dan DIY, serta dari pejabat kepolisian dan dinas terkait.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer