BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pameran Hidroponik di Kodim 0734/Yogyakarta
Pameran Hidroponik di Kodim 0734/Yogyakarta

Pameran Hidroponik di Kodim 0734/Yogyakarta

Kodim 0734 Yogyakarta menyelenggarakan pameran hidroponik yang digelar di halaman makodim setempat. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat (24/04/2015) hingga Minggu (26/04/2015) tersebut terbuka bagi masyarakat umum. Pameran ini sengaja digelar untuk mengenalkan pola tanam sistem hidroponik kepada masyarakat.

Dalam kegiatan pameran hidroponik ini digelar pula kegiatan lomba mewarnai bagi siswa TK dan lomba menggambar untuk pelajar SD. Pemenang lomba akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan total Rp 10 juta yang akan dimumkan Minggu (26/04/2015) mendatang saat acara panen sayuran hidroponik di Makodim Yogyakarta. 

Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Renal Aprindo Sinaga mengungkapkan, hidropinik merupakan solusi ditengah makin sempitnya lahan pertanian di kota-kota besar. Masyarakat perkotaan tetap dapat bercocoktanam walau hanya memiliki lahan sebatas pekarangan saja.

Dijelaskannya, memasyarakatkan pola tanam sistem hidroponik merupakan bagian tugas dari TNI AD sebagai prajurit bidang teritorial untuk mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Dengan menerapkan sistem hidroponik ini, selain dapat menghemat tempat diharapkan pula warga setidaknya dapat memenuhi kebutuhan pangan rumahtangganya sendiri tanpa harus membeli.

“Prinsipnya pola tanam ini tak menggunakan tanah sebagai media, melainkan memanfaatkan air bernutrisi untuk bercocoktanam. Produk yang dihasilkan pun juga tak kalah, bahkan lebih bagus dengan tanaman yang tumbuh di media tanah karena sistem hidroponik ini dijamin organik,” jelas Renal Sinaga disela kegiatan.

Sistem hidroponik ini cocok untuk membudayakan tanaman sayur seperti sawi, selada, terong maupun timun. Dengan didukung sistem pengairan serta asupan sinar matahari yang cukup setidaknya dalam kurun waktu 40-50 hari sayuran yang ditanam dengan pola ini dapat segera dipanen.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer