BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Panen Padi Perdana di Desa Sibrama
Panen Padi Perdana di Desa Sibrama

Panen Padi Perdana di Desa Sibrama

Petani Desa Sibrama sedang berbahagia, karena menuai padi yang hasilnya jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Panen perdana dilaksanakan di wilayah Rt. 01 Rw. 08, Selasa (24/3). Hadir juga jajaran TNI dari Koramil 11 Kemranjen dan PPL kecamatan Kemranjen yang membantu kegiatan menuai padi oleh para petani.

Dari sample yang diambil oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Kemranjen, diperoleh hasil sekitar 4,8 ton per hektarenya. Memang belum mencapai hasil yang maksimal, jika dibandingkan tahun sebelumnya tahun ini jauh lebih baik. “ Hasil panen padi tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari “, demikian ucapan Kades Sibrama, Ibu Wagiyah yang mendampingi petani saat mamanen padinya.

Jenis padi yang ditanam oleh petani Desa Sibrama antara lain, Pertiwi, Logawa, Ciherang dan Cibagendit. Sementara pupuk yang digunakan adalah : Ponska, Urea, Kcl dan Za yang digunakan secara terukur dan berimbang. Petani juga menggunakan obat-obatan kimia untuk memberantas hama, seperti : Dangke dan Vastat. Petani memilih bibit tersebut karena tahan terhadap hama penyakit, batang padi kuat dan hasil butir padinya lebih padat dan berbobot. Cocok untuk para petani yang dikonsumsi sendiri atau dijual langsung ke tengkulak yang biasanya datang langsung ke sawah petani yang sedang panen.

TNI yang ikut terjun langsung pada kegiatan panen tersebut, dari pihak Koramil 11/Kemranjen menyampaikan bahwa hal itu merupakan wujud nyata dari Nota Kesepahaman (MOU) anatar Mabes TNI dan Kementrian Pertanian pada tahun 2014. Tujuan dari semua ini adalah untuk menciptakan swasempada pangan, dan menekan angka impor beras dari negara lain.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer