BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Panen Raya Kedelai Varietas Grobogan
Panen Raya Kedelai Varietas Grobogan

Panen Raya Kedelai Varietas Grobogan

Kepala Staf Kodim 0717/Purwodadi Mayor Inf Arif Isnawan didampingi Pasiter Kapten Arh Busono menghadiri pelaksanaan panen raya kedelai bertempat  di persawahan Desa Nambuhan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan, Rabu (20/01).

Pada panen raya kedelai di Desa Nambuan kali ini diareal sawah seluas 107 Ha dengan hasil ubinan 3,1 Ton/Ha. Areal sawah di sebagian wilayah timur Kabupaten Grobogan merupakan areal sawah tadah hujan, dan pada musim penghujan hasil yang diperoleh dari tanaman kedelai lebih meningkat dibanding pada musim kemarau. Kedelai tidak lagi menjadi tanaman sampingan setelah tanaman padi tetapi menjadi komoditi utama di sebagian wilayah  Kabupaten Grobogan.

Hasil panen pada komoditi kedelai di Kabupaten Grobogan lebih besar dibanding dengan daerah-daerah lain,  yaitu dengan menyokong 38,31% di wilayah Jawa tengah dan 5,18% ditingkat Nasional. Kedelai varietas Grobogan mempunyai masa tanam lebih pendek yaitu 70 hari panen dengan ukuran bulir lebih besar dan mengandung protein 43% tertinggi di Indonesia bahkan di Dunia.

Harapan petani untuk harga kedelai dapat dinaikkan atau minimal seimbang dengan harga kedelai impor, guna lebih mensejahterakan para petani kedelai  dan untuk mencegah petani beralih ke tanaman yang lain yang lebih menjanjikan pendapatan hasil lebih banyak.

Acara panen raya kedelai kali ini di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Propinsi Jawa Tengah Ir. Suryo Banendro, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Tanaman (Balitbangtan) kementrian pertanian DR. Agung Hendardi,SKPD dan Instansi Vertikal Kabupaten Grobogan, Muspika Kecamatan Purwodadi, Pok Tan, Gapok Tan dan Masyarakat Desa Nambuhan dan sekitarnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer