BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Panen Raya Padi IR 64 di Desa Dukuh Kec. Tangen
Panen Raya Padi IR 64 di Desa Dukuh Kec. Tangen

Panen Raya Padi IR 64 di Desa Dukuh Kec. Tangen

Babinsa  Koramil 10/Tangen Dim 0725/Sragen melaksanakan panen raya padi jenis IR 64 (Mitongga) bersama masyarakat desa dukuh Kamis (7/2) di Desa Dukuh. Dalam kesempatan tersebut Babinsa Sebagai salah satu desa yang memiliki lahan persawahan cukup luas.

Disamping itu desa ini juga memiliki kekayaan berupa aset tanah sawah yang bisa dioptimalkan untuk dikelola sendiri tidak hanya dijual dengan system lelang, juga fungsi pelayanan kepada para petani pemilik lahan yang tidak bisa lepas dengan peran desa itu sendiri. Menurut kami, banyak hal yang harus dibenahi untuk mengelola potensi tersebut. Termasuk data real terkait perolehan hasil panen pada setiap musim tanam yang diperolehnya. Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) sebagai salah satu lembaga petani yang dibina oleh pemerintah dan desa dan harus selalu berkordinasi dengan masyarakat yang ada di desa, masyarakat juga harus  aktif memantau kenerja Gapoktan agar fungsi sebagai salah satu lembaga petani benar-benar dirasakan oleh semua masyarakat di desa. Sehingga tidak ada batas yang memisahkan antara Gapoktan sebagai sebuah lembaga dan pemerintah desa sebagai instusi.

Semoga kedepan desa  menjadi desa agraris yang maju dalam segala hal melalui optimalisasi peran di sektor pertanian. Jangan malah sebaliknya, desa tidak mendapatkan peran positif sehingga disatu sisi pemerintah harus melakukan upaya untuk memfasilitasi kebutuhan petani tetapi di sisi yang lain desa tidak tahu ukuran yang real terkait kontribusi petani kepada desa. Apalagi saat ini desa dihadapkan dengan berbagai pekerjaan untuk melakukan upaya pembangunan masyarakat disegala bidang. Desa tidak bisa selamanya menggantungkan pada alokasi dana dari pemerintah sebagai modal pokoknya, justru alokasi tersebut harus difungsikan sebagai penopang atau penguat program. Insyaallah kalau pemerintah desa bisa menerapkan fungsi tersebut, desa ini bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer