BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Panen Raya Padi MT I Th. 2017 Bersama Bupati Sragen, Kodim Sragen, Kadistan dan Kadis Han Pangan di Desa Saradan
Panen Raya Padi MT I Th. 2017 Bersama Bupati Sragen, Kodim Sragen, Kadistan dan Kadis Han Pangan di Desa Saradan

Panen Raya Padi MT I Th. 2017 Bersama Bupati Sragen, Kodim Sragen, Kadistan dan Kadis Han Pangan di Desa Saradan

Pada hari Kamis tanggal 16 Pebruari 2017 pukul 13.45 s/d 14.45 Wib bertempat di persawahan Dk.Pantuk, Ds.Saradan Kec.Karangmalang Kab.Sragen telah dilaksanakan kegiatan panen raya padi MT 1 Th.2017 bersama Bupati,Kodim 0725/Sragen, Kadistan, Kadis Han Pangan kerjasama dengan PT pupuk Kunci Tani yang dihadiri ± 300 orang.

Hadir dalam kegiatan dr. Hj.Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo M.MDS (Dandim 0725/Sragen), AKP Agus Iriyanto SH MH(Mewakili Kapolres Sragen), M.Djazairi SP MM (Ka Ketahanan Pangan), Nur Fuad Indra mitra (Ka Gudang Bulog Duyungan), Suhardi (Ka Gudang Bulog Krikilan), Andi Irwan ( PT Pupuk Kunci Tani), Muspika Kec Karangmalang, Para Danramil Kodim 0725/Sragen serta Tamu undangan

Sambutan sambutan M.Djazairi SP MM (Ka Ketahanan Pangan) : Pada saat ini panen sudah mencapai 120 Ha,dan target serap gabah mencapai 6,500 Ton di kab.Sragen.

Saya Ucapkan terima kasih kepada bapak Babinsa dan para penyuluh pertanian yang sudah membantu dan mendampingi para petani. Saat ini harga gabah di petani 3200 Sampai -3300 per kg padahal harga pemerintah 3700 per kg. Diharapkan hasil panen petani untuk dijual pada Bulog karena sebagai gudang beras pemerintah.

Sambutan Bupati Sragen Produk pertanian utama adalah pertanian tanaman pangan, terutama padi, produktivitas padi di Kab.Sragen mencapai 7-8 Ton per Ha.gabah kering basah,Kab Sragen adalah salah satu lumbung padi di Jateng. Produksi padi di kabupaten Sragen: Luas areal tanam th 2016 97.479ha. Luas areal panen th 2016 94.444Ha. Produktifitas 64,52 Kw/Ha.

Produksi di th.2016 629.357 Ton/Ha. Luas areal tanam MT1 th 2016 41.164 Ha. Luas areal panen MT1 2016 36.481 ha. Pada saat ini kab.sragen mengalami fenomena panen raya sesuatu yg sangat diharapkan oleh petani namun juga sesuatu yang menghantui para petani (berkaitan dgn harga jual gabah).
Banyak kegiatan yang diprogram kan pemerintah Ka.sragen dalam rangka mendukung upaya khusus swasembada pangan (padi,jagung,kedelai).

Saat ini harga gabah ditingkat petani kisaran 3200,- s/d 3300,- per kg gabah kering ,sedangkan HPP yg ditetapkan oleh pemerintah sebesar 3700,- kg GKP. Beberapa kendala yang dihadapi petani: semakin sempit lahan pertanian dith 2016 di kab Sragen lahan pertanian berkurang 200 Ha(dengan adanya pembangunan jln Tol Solo-Kertosono).

Kepastian harga serta kepastian terserapnya hasil panen pada saat panen raya. Fakor cuaca dan iklim yg ekstrim,sehingga memicu kompleknya hama dan penyakit. Beberapa upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani antara lain: melaksanakan kegiatan pertanian organik. pembuatan embung dan perbaikan irigasi. memberikan pendampingan kepada petani dan kelompok tani yang dilakukan oleh TNI (Babinsa) bersama penyuluh pertanian dalam upaya mensukseskan program upaya peningkatan produksi padi,jagung,dan kedelai di kab.Sragen. memaksimalkan penyerapan hasil panen pada saat panen raya oleh Bulog.dgn harga yang telah ditentukan HPP pemerintah.

Bekerja sama dgn mitra /pihak ketiga salah satunya,dgn PT Kunci Tani dalam bentuk Demplot pupuk pada budidaya padi,yang dilaksanakan di kelompok Tani sumber Makmur Ds.Saradan Kec.Karangmalang seluas 0,3Ha. Dengan adanya kerjasama PT Kunci Tani dengan petani dalam hal penggunaan pupuk diharapkan bisa membantu petani pada saat pemenuhan kebutuhan pupuk di lapangan,denga pupuk Kunci Tani petani diharapkan bisa menekan biaya produksi dan meningkatkan nilai jual hasil produknya akan semakin mudah dan jelas.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer