BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Panglima TNI : Maknai HUT ke 69 TNI Dengan Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Pengabdian
Panglima TNI : Maknai HUT ke 69 TNI Dengan Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Pengabdian

Panglima TNI : Maknai HUT ke 69 TNI Dengan Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Pengabdian

Kodam IV/Diponegoro melaksanakan peringatan HUT ke 69 Tentara Nasional Indonesia dan HUT ke 64 Kodam IV/Diponegoro yang digelar di Lapangan Parade Makodam IV/Diponegoro (11/10). Pada kesempatan ini, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ibnu Darmawan mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dapat memaknai usia TNI ke 69, dengan tekad dan janji untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian di masa-masa yang akan datang.

Profesionalisme TNI merupakan salah satu substansi visi TNI dalam pembangunan dan pengembangan kapasitas TNI sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang dalam rangka menjamin keberlangsungan pelaksanaan nasional.

Menurut Jenderal TNI Moeldoko, guna menghadapi tantangan globalisasi yang berkembang dinamis di semua sisi kehidupan maka kebanggaan, kecintaan dan kepercayaan atas kekuatan sendiri harus terus dikembangkan, karena kesemuanya menjadi akumulasi kekuatan.

“TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional. Setiap prajurit dan PNS TNI dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi”, tegas Panglima TNI.

Hal tersebut sejalan dengan tema pokok HUT ke 69 TNI yaitu “Patriot Sejati, Profesional dan Dicintai Rakyat”. Tema tersebut menunjukkan bahwa TNI masih berada dalam hakekat dirinya sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit yang “Cinta Negara”, “Cinta Bangsa”, “Cinta Rakyat” dan “Cinta Kehidupan”. Makna kepatriotan ditujukan untuk mengawal demokrasi dan menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI secara profesional, menuju Indonesia yang aman dan sejahtera.

Pada pelaksanaan upacara peringatan HUT ke 69 TNI kali ini, Inspektur Upacara memberikan Tanda Kehormatan Negara kepada Kapten Inf Sismiyarto (Rindam IV/Dip), Serda Ngadiana (Lanal Yogyakarta), Praka Karyono (Lanud Adi Sumarmo).

Upacara dihadiri para Sesepuh dan Pinisepuh TNI, para pejabat TNI dan Keluarga Besar TNI dan Kodam IV/Diponegoro serta tamu undangan.

Usai upacara, dilanjutkan penampilan demonstrasi dan Barongsai dari Yonif 406/CK, 407/PK, 408/Sbh, dan Yonarhanudse-15, Tarian Nusantara dari Persit Kartika Chandra Kirana PD 4/Diponegoro, defile pasukan, syukuran dan hiburan. Selain itu juga pemberian hadiah lomba KB dan pemberian cindera mata kepada Pemda yg telah membantu Satkowil Jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka HUT tersebut Kodam IV/Diponegoro telah melaksanakan rangkaian kegiatan baik secara terpusat maupun tersebar diantaranya kegiatan pembuatan lubang biopori, Sinden Idol, Festival Karawitan, Campursari 73 jam nonstop, Bakti Sosial dan Karya Bakti, Sepeda Santai, Doa Bersama, Ziarah, Upacara Parade, Defile, Syukuran dan Hiburan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer