BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Pasi 1/Intel Kodim 0712/Tegal Hadiri Rapat Kominda Tingkat Kabupaten Tegal
Pasi 1/Intel Kodim 0712/Tegal Hadiri Rapat Kominda Tingkat Kabupaten Tegal

Pasi 1/Intel Kodim 0712/Tegal Hadiri Rapat Kominda Tingkat Kabupaten Tegal

Tegal – Pasi 1/Intel Kapten Inf Juwedi menghadiri acara Rapat Kominda tingkat Kabupaten Tegal, yang dipimpin langsung oleh Kakesbangpolinmas : Bpk. Drs Agus Sunaryo, bertempat ruang kerja Kakesbangpolinmas Kab. Tegal Jl. Piere Tendean No. 1 Kec. Slawi, Kab. Tegal yang diikuti oleh 13 orang, Selasa (14/03).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kasat IPP Polres Tegal : AKP Bambang Edi Susanto SH, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kab. Tegal : Widarto Adi N SH, Pasi Intel Kodim 0712/Tegal : Kapten Inf Juwedi, Pasi Intel Lanal Tegal : Kapten Laut Wilujeng, Perwakilan BIN wilayah Kab./Kota Tegal : Makmur Rozi, Pasi Intel Brigif 4/DR : Kapten Inf Jaenal A, Dansub 2 Unit Inteldim 0712/Tegal : Pelda Dwi Indarto dan Perwakilan Tim Sintelrem 071/WK : Serma Dayat

Pada materi yang disampaikan oleh Kakesbangpolinmas : Bpk. Drs Agus Sunaryo, Alhamdulillah untuk tahun 2016 tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan bukan berarti tidak permasalahan, sehingga sampai saat ini situasi masih kondusif, saya atas nama Pemerintah daerah Kab. Tegal mengucapkan banyak terima kasih atas dukungannya selama ini.

Saat ini Kesbangpolinmas Kab. Tegal yang saya pimpin ini lagi di obok-obok oleh Pemda, karena dalam jangka waktu 1 tahun ini sudah beberapa orang anggota Kesbangpolinmas dipindah, saat ini anggota kesbang hanya 15 orang termasuk saya, dihadapkan dengan tupoksi yang sangat berat, padahal kesbang seharusnya menjadi lembaga sebagai mata dan telinga Bupati.

Isu-isu strategis tahun 2017 yaitu memasuki tahun politik karena akan melaksanakan Pilkada serentak, sehingga mulai sekarang kita harus mempersiapkan diri menghadapi Pilkada serentak, kemudian terkait pemberlakuan saber pungli sampai saat ini belum mendapatkan hasilkan, padahal satgas tersebut anggarannya sangat besar sekali.

Untuk Raka raki dan pengawasan orang asing sampai saat ini masih tetap menjadi prioritas pengawasan kita untuk mengantisipasi munculnya aliran-aliran garis keras, untuk radikal kiri Alhamdulillah sampai saat ini di wilayah Kab. Tegal tidak ada masih kondusif.

Saat ini musim pancaroba telah terjadi bencana banjir dan longsor di wilayah kab. Tegal, padahal sejak dulu di wilayah Kab. Tegal belum pernah terjadi banjir seperti saat ini, mari kita cari penyebab terjadinya banjir tersebut, apakah karena saat ini adanya proyek Tol sehingga saluran-saluran/sungai banyak yang ditutup buat jalan sehingga air tidak bisa mengalir ke laut secara normal.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kab. Tegal : Widarto Adi N SH. Mengatakan “di tahun politik saat ini yang perlu kita waspadai adalah identitas ganda seperti KTP dan KK serta surat-surat suara yang rusak, karena permasalahan ini akan menimbulkan dampak konflik, kemudian untuk masalah narkotika saat ini melalui jalur laut, maka dari itu kita perlu adanya komunikasi dan koordinasi, untuk masalah konflik sosial kita perlu memetakan wilayah-wilayah yang rawan terjadinya konflik sosial.”ucapnya

Kasat IPP Polres Tegal : AKP Bambang Edi Susanto SH menyampaikan Saya menyikapi terkait tahun politik, sebentar lagi di wilayah Kab. Tegal juga akan dilaksanakan pemilihan Kepala Desa dan Pemilihan Bupati secara serentak, maka dari itu mulai saat ini kita harus mewaspadai permasalahan-permasalahan yang akan terjadi, karena saat ini percikan-percikan terkait Pilkada tersebut sudah mulai kelihatan.

Kemudian terkait deradikalisme, untuk mantan napiter yang ada di Bumijawa saat ini sudah pindah ke Solo karena istrinya bekerja di Rumah Sakit Kustati Solo, saat ini juga marak penipuan lewat ATM dengan modus mengambil ATM kelebihan kemudian minta tolong kepada orang yang sama-sama mengambil untuk mentransfer ke Rekeningnya dan akan di ganti dengan uang cash, tetapi uang cash yang di pakai mengganti adalah uang palsu.

Saat ini juga marak tentang isu penculikan anak, kami dari pihak Polres sudah mendatangi sekolah-sekolah untuk memberikan penjelasan bahwa isu tersebut adalah hoax, kemudian saat ini juga muncul permainan baru yang membahayakan yang dilakukan oleh anak-anak sekolah, permainan tersebut adalah dengan cara menekan dada temannya sehingga saat ditekan pasokan oksigen ke otak akan terhenti sehingga orang tersebut akan pingsan dan kejang-kejang.

Pada penyampaian Pasi Intel Kodim 0712/Tegal : Kapten Inf Juwedi mengatakan Terkait dengan Pilkada serentak kami komitmennya tetap netral, kebetulan Kodim mempunyai dua wilayah yaitu Kota dan Kab. Tegal yang sama-sama akan melaksanakan Pilkada serentak. Di wilayah Kab. sudah ada kegiatan Partai yaitu sarasehan Dapil 1 PDIP Kab. Tegal, dari beberapa Pilkada 2016 kemarin yang sudah berjalan PDI-P bukan Partai pemenang.

Terkait deradikalisasi, untuk napiter yang di Bumijawa meskipun sudah pindah ke Solo tetapi anaknya masih tinggal di Bumijawa bersama neneknya, jadi tidak menutup kemungkinan yang bersangkutan masih sering ke Bumijawa untuk menengok anaknya.

Kemudian untuk Radikal kiri di wilayah Kab. Tegal sampai saat ini belum ada yang muncul, terkait radikal kiri ini saat ini mereka melakukan perekrutan terhadap generasi muda keturunan eks PKI.

Saat ini di wilayah Gorontalo telah muncul” LSM MACAN PUTIH “. Dimana LSM ini sudah merekrut kurang lebih 300 masyarakat termasuk mantan Gafatar untuk menjadi anggotanya dan mengatasnamakan bahwa LSM tersebut di bawah lembaga dunia PBB.

Perwakilan BIN wilayah Kab./Kota Tegal : Makmur Rozi. Mengatakan Terkait dengan tahun politik saat ini, pesan dari Kepala Badan Intelijen Daerah Jawa Tengah jajaran Kominda harus netral, kami menyarankan terkait dengan Pilkada serentak ini bagaimana kalau diadakan piket bersama, untuk posko bisa di kantor Kesbangpolinmas Kab. Tegal. Kemudian untuk saber pungli sampai saat ini masih terkendala dengan SOP, saat ini perlu diantisipasi terkait terjadinya gesekan antara NU dengan Wahabi akibat pembubaran pengajian Ustadz Khalid Basalamah oleh Banser.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer